Ekspedisi Lautan: Apakah Kalian Sudah Mendengar Tentang Palung Mariana?

- 8 Oktober 2021, 16:06 WIB
Perbandingan ketinggian Gunung Everst dengan kedalaman Palung Mariana
Perbandingan ketinggian Gunung Everst dengan kedalaman Palung Mariana /Twitter @catheternebula/

 

EDITORNEWS - Kedalaman dari palung ini jauh di bawah permukaan laut, lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest di atas permukaan laut.

Palung ini memiliki kedalaman maksimum 10.927 -11.035 meter (35.798 kaki) di bawah permukaan laut atau sekitar 35 kali ketinggian menara Eiffel.

Bisa anda bayangkan, lihat 1 puncak menara Eiffel yang begitu tinggi itu, dan coba anda bayangkan lagi 35 menara Eiffel terjajar rata ke atas langit, bahkan mungkin, kita tidak akan bisa melihat puncaknya dari bawah, nah begitulah kira-kira yang anda bayangkan jika ingin merasakan sensasi dalamnya Palung Mariana.

Pengukuran kedalaman pertama di Palung Mariana dilakukan oleh kapal survei Inggris HMS Challenger, yang digunakan oleh Angkatan Laut Kerajaan pada tahun 1875 untuk melakukan penelitian di parit tersebut.

Baca Juga: Ridwan Kamil Siap Nyapres 2024 Jika Ada Peluang dari Partai PAN

Kedalaman terbesar yang mereka catat saat itu adalah 8.184 meter.

Pada tahun 1951, kapal Angkatan Laut Kerajaan lainnya, yang juga bernama 'HMS Challenger', kembali ke daerah tersebut untuk pengukuran tambahan, dilansir dari Geology.

Palung Mariana, atau Palung Marianas adalah palung yang paling dalam yang pernah dijajal manusia diketahui terletak di dasar laut sebelah timur kepulauan Mariana barat Samudra Pasifik dekat dengan Jepang dan pulau Guam, dan lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi.

Baca Juga: Vaksin Nusantara Sedang Dalam Tahp Uji Klinis, Jika Berhasil Akan Jadi Booster bagi Masyarakat

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah