Resep Tumis Ceker Ayam yang Bikin Nagih, Cocok untuk Menu Berbuka Puasa

- 26 Maret 2023, 14:42 WIB
Resep tumis ceker ayam untuk berbuka puasa
Resep tumis ceker ayam untuk berbuka puasa /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Jika kamu masih bingung menu apa yang harus dimasak untuk berbuka puasa, menu ceker ayam yang satu ini bisa menjadi inspirasi. Ceker ayam bisa menjadi menu andalan karena banyak disukai orang, bahan yang dibutuhkan pun hanya ceker dan bumbu tambahan.

Dilansir Editornews.id melalui YouTube Tri Pujis, Tri membagikan resep tumis ceker yang bikin nagih dan cocok untuk menu berbuka.

Bahan utama yang dibutuhkan:
- 500 gram ceker ayam
- 2 lembar bawang daun
- 2 batang daun seledri
- 2 lembar daun jeruk
- 2 lembar daun salam

Baca Juga: 10 Makanan yang Bisa Bikin Tahan Lapar Saat Puasa, Cocok untuk Dikonsumsi Saat Sahur

Bahan bumbu halus:
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 ruas jahe
- 1 ruas kunyit
- 1 batang serai potong jadi dua
- 25 gram cabai rawit
- 50 gram cabai merah keriting
- air secukupnya

Cara membuatnya cukup mudah, pertama potong ceker ayam menjadi dua bagian dan cuci sampai bersih. Setelah itu tiriskan dan sisihkan sementara. Potong bawang daun dan daun seledri menjadi kecil-kecil lalu sisihkan. Potong-potong buah tomat kecil-kecil dan sisihkan sementara.

Setelah itu, blender semua bahan bumbu mulai dari bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, cabai rawit, cabai merah keriting, dan air hingga menjadi halus. Lalu masukkan bumbu halus ke dalam minyak yang sudah dipanaskan.

Masukkan daun salam dan daun jeruk lalu aduk dengan bumbu hingga bumu matang. Masukkan ceker yang sudah dicuci dan ditiriskan lalu aduk hingga rata. Tambahkan air sebanyak 500 ml lalu aduk hingga rata.

Tambahkan bumbu, 2 sendok teh gula, 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh kaldu bubuk lalu aduk dan campur hingga merata. Setelah airnya mendidih aduk kembali. Tunggu hingga ceker menjadi lunak.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x