3 Tips Diet Selama Bulan Puasa Ala Yulia Baltschun Dijamin Ampuh Menurunkan Berat Badan

- 24 Maret 2023, 17:40 WIB
3 tips diet selama bulan puasa ala Yulia Baltschun
3 tips diet selama bulan puasa ala Yulia Baltschun /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Bulan Ramadhan semua umat Muslim melaksanakan ibadah puasa. Selama berpuasa, kamu juga bisa mencoba untuk melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Untuk memudahkan kamu, ada beberapa tips diet yang bisa kamu lakukan selama bulan puasa.

Dilansir Editornews.id melalui YouTube Yulia Baltschun, Yulia membagikan beberapa tips yang bisa dijalankan untuk menjalani diet di bulan puasa, diantaranya:

1. Fokus pada nutrition pyramid

Tips pertama adalah fokus pada piramida nutrisi yang paling utama yaitu energy balance dimana kamu harus memotong kalori yang masuk. Namun, perlu diperhatikan bahwa kamu tidak boleh memotong kalori berlebihan. Idelanya kamu hanya harus memotong 20% dari jumlah kalori yang kamu butuhkan per harinya.

Misalnya, jika kalori harian kamu sebesar 1800 kkal maka kamu bisa mengonsumsi 1.440 kalori perharinya. Kalori ini termasuk menu makan sahur, menu berbuka, dan apa pun yang dikonsumsi selama berpuasa seharian.

Baca Juga: Ada Gorengan Hingga Sop Buah, Berikut Menu Wajib Buka Puasa Orang Indonesia

2. Perhatikan makro dan mikro gizi

Tips kedua ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Satu, tanamkan mindset bahwa aktivitas makan ini 80% untuk tubuh dan 20% untuk mental. Kedua, ketika perut masih kosong, baik saat sahur ataupun sebelum buka puasa konsumsi asem asetat terlebih dahulu. Bisa dengan mengonsumsi cuka apel yang dilarutkan dengan air.

Ketiga, semua takjil yang manis dikonsumsi terakhir. Hal ini dilakukan untuk menjaga lonjakan gula darah dan menjaga kalori yang tinggi. Namun, jika kamu memiliki kurma, maka bisa dikonsumsi saat buka puasa. Keempat, perhatikan porsi makan. Pastikan porsinya sesuai yaitu 45-50% karbohidrat, 20-30% protein, dan 30% lemak. Kelima, penuhi serat. Ada banyak sayuran yang bisa kamu konsumsi dan tinggi serat yakni rebung, mangga muda, waluh, dan lainnya. Selanjutnya, ada baiknya kamu juga mengatur cairan yang masuk ke dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x