Terbangun karena Merasakan Sensasi Jatuh di Dalam Mimpi, Kenali Penyebabnya

- 25 Maret 2022, 14:31 WIB
Ilistrasi orang tidur sedang bermimpi
Ilistrasi orang tidur sedang bermimpi /PIXABAY/cuncon

EDITORNEWS.ID - Terbangun karena sensasi jatuh di dalam mimpi membuat orang yang memimpikannya terkejut.

Sensasi jatuh ini umumnya membuat perasaan tidak nyaman dan bingung ada juga yang mendapati pandangannya buram sesaat setelah sensai jatuh itu muncul.

Secara sains, mimpi terjatuh itu dikenal dengan istilah hypnic jerk atau myoclonus terjadi kejang-kejang singkat atau kedutan pada tubuh saat terjatuh di dalam mimpi.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya sensasi jatuh di dalam mimpi ini, seperti kelelahan, stres dan minum kafein yang berlebihan.

Baca Juga: 3 Tips Mencairkan Daging Beku Tanpa Mengurangi Kandungan Nutrisinya

Melihat penyebab terjadinya hypnic jerk, kondisi ini bisa dialami siapa saja dan dari beragam usia sensasi jatuh di dalam mimpi diartikan sebagai reaksi psikis akibat tingginya tekanan yang dialami tubuh.

Hal ini tidak berkaitan dengan kondisi kesehatan tertentu dan tidak akan menyebabkan kompilasi seseorang yang mengalami hypnic jerk biasanya biasanya akan merasakan sentakan di beberapa bagian tubuh.

Sentakan tersebut akan membuat si pemimpi terkejut dan sadar dari mimpinya hal yang mengganggu adalah sentakan yang mengejutkan itu tetap terasa hingga ke dunia nyata sebagian orang juga akan mengalami jantung berdebar saat kesadarannya pulih.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Kandungan Protein, Kolesterol dan Zat Besi Pada Daging Sapi Maupun Kambing

Hypnic jerk bisa dicegah dengan melakukan beberapa cara terkait rutinitas harian, seperti berikut.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x