Simak Tips Membedakan Madu Murni Maupun Campuran

- 27 Agustus 2021, 15:57 WIB
Berikut adalah cara mudah untuk membedakan madu asli dengan madu campuran dari Dokter Zaidul Akbar
Berikut adalah cara mudah untuk membedakan madu asli dengan madu campuran dari Dokter Zaidul Akbar /Pixabay.com/ExplorerBob

EDITORNEWS - Madu adalah subtansi makanan manis dan kental yang dibuat oleh lebah madu dan beberapa serangga lain.

Lebah menghasilkan madu dari sekresi gula tumbuhan atau dari sekresi serangga lain madu terbentuk melalui regurgitasi, aktivitas enzimatik, dan penguapan air. 

Disamping rasanya yang manis madu memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia sering tingginya tingkat permintaan banyak oknum yang menyabotase madu.

Untuk membedakan madu murni dan madu campuran tentu agak sulit dilihat sekilas mata mereka sama.

Baca Juga: Tips Memilih Makanan Sehat Salah Satunya bisa Mempengaruhi Suasana Hati

Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik, madu dapat digunakan sebagai bahan tambahan pangan yang kaya akan antioksidan dan antibakteri. Madu memiliki cita rasa yang berbeda.

Hasil investigasi dari Pusat Ilmu Pengetahuan dan Lingkungan Hidup India (CSE) menemukan bahwa mayoritas madu yang dijual di pasaran bukanlah madu murni, atau sudah tercampur dengan bahan lainnya.

Sejumlah merek madu yang terkenal di seluruh dunia telah dicampur dengan sirup atau gula madu murni mengandung banyak nutrisi namun bebas lemak dan kolesterol.

Namun madu yang sudah tidak lagi murni, alias sudah dicampur gula, memiliki dampak negatif bagi kesehatan bila dikonsumsi dalam jangka panjang.

Karena banyak mengandung gula, madu yang tidak murni ini cenderung meningkatkan risiko obesitas dan meningkatnya kadar gula darah.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x