Luar Biasa ! BLACKPINK: Melampaui Keterampilan Vokal

- 23 Desember 2023, 16:22 WIB
BLACKPINK
BLACKPINK /Rahma/

EDITORNEWS.ID — BLACKPINK telah menjadi identik dengan 'musik' itu sendiri. Mereka telah melampaui status seorang artis belaka untuk menjadi 'lambang' dari apa artinya menjadi girl grup papan atas.

Sebelum kemunculan BLACKPINK, diskusi seputar girl grup terhebat dengan kemampuan vokal dan penampilan yang luar biasa sering kali menyebut nama-nama seperti The Supremes, Destiny's Child, TLC, dan Fifth Harmony.

Namun, saat ini, media global dan profesional musik menyebut BLACKPINK sebagai girl grup teratas.

Penampilan utama BLACKPINK di Coachella, festival musik terbesar di dunia, pada bulan April, merupakan bukti status mereka sebagai yang terbaik di dunia.

Baca Juga: Inilah Alasan G-Dragon BIGBANG Keluar Dari YG Entertainment: 'Yang Hyun Suk Marah...'

Sulit untuk menentukan satu anggota yang paling menonjol karena Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa semuanya memiliki kemampuan vokal/rap+dance yang sama hebatnya.

Berbeda dengan girl grup terkenal dalam sejarah pop yang mana satu atau dua anggotanya, seperti Diana Ross dari The Supremes atau Beyoncé dari Destiny's Child, menjadi wajah simbolisnya, BLACKPINK menawarkan barisan di mana keempat anggotanya bersinar terang. Ini adalah kejadian langka dalam sejarah girl grup.

Keterampilan rap mereka, berdasarkan hip-hop, ternyata sangat unggul, bahkan melampaui kemampuan rapper terkenal dunia. BLACKPINK juga unggul dalam vocal fry, yaitu teknik di mana mereka menghasilkan suara yang intens dan memancarkan energi yang kuat.

Mereka memanfaatkan dentingan, suatu teknik mempersempit ruang di atas pita suara sambil mempertahankan penutupan pita suara, untuk menghasilkan suara yang tajam dan jernih dalam nada tinggi. Teknik ini memberikan lagu-lagu BLACKPINK kehadiran yang tangguh dan karisma yang unik.

Baca Juga: Hyunjin Stray Kids Terkejut Di Foto Dengan Winter aespa— Apa Kabarnya?

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah