Keuntungan yang Didapat Jika Beralih ke Sistem Absensi Online

- 25 Oktober 2022, 19:00 WIB
Ilustrasi absensi mobile
Ilustrasi absensi mobile //Pixabay/NeiFo

EDITORNEWS.ID - Sistem absensi online saat ini menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar instansi atau Perusahaan dalam membantu mengelola manajemen kehadiran karyawan. Kehadiran karyawan merupakan salah satu aspek penting dalam perusahaan, maka untuk itu diperlukan sebuah Aplikasi sistem absensi untuk melaporkan atau mendata kehadiran para karyawan. Dengan adanya Aplikasi tersebut dianggap lebih efektif, hal ini dikarenakan aplikasi sistem absensi menggunakan fitur pendataan karyawan berbasis online dengan menggunakan mobile pribadi masing-masing. Sehingga memudahkan Karyawan untuk melakukan absensi kapan pun dan di mana pun tanpa perlu repot datang ke kantor.

Hal tersebut dianggap lebih efisien dibandingkan Absensi dengan menggunakan mesin fingerprint yang terkadang memiliki kendala dalam hal ketidakpraktisannya, yakni mengharuskan melakukan absensi ditempat mesin fingerprint berada. Dikatakan lebih efisien karena telah terbukti biaya investasi mesin finger print berat bagi beberapa perusahaan, maka pemilihan Sistem absensi online menjadi solusi bagi Perusahaan. Lantas Apa saja keunggulan dan cara kerja mesin aplikasi? Yuk, simak penjelasan berikut!

Peran Penting Adanya Aplikasi sebagai Sistem Absensi

  1. Sebagai Alat Perhitungan Gaji Karyawan
  2. Sebagai Alat Perekam Kehadiran Karyawan
  3. Sebagai Alat Pertimbangan Izin Cuti Karyawan

Mengenal Alasan Harus Beralih ke Sistem absensi online

  1. Keakuratan dan Kecepatan Data

Dengan melalui penggunaan Sistem absensi online berbasis Online ini data absensi atau kehadiran baik jam, tanggal atau hari tertentu dapat diakses tanpa adanya perubahan. Hal ini terjadi karena terdapat sistem kunci yang terdapat pada setiap harinya. Dengan hal inilah apabila sang pimpinan berniat untuk melihat data kehadiran karyawan dihari itu. Tak hanya itu baik pimpinan maupun karyawan juga dapat mengaksesnya di waktu itu juga tanpa harus menunggu jam kerja kantor selesai.

Baca Juga: Dukung Pelaku Usaha Lokal Ciptakan Bisnis yang Tangguh, Shopee Hadirkan Kampanye 11.11 Big Sale

Selain itu, dalam Sistem absensi online ini juga dapat mengakses data mengenai karyawan yang izin cuti, sakit, maupun karyawan yang tidak masuk tanpa adanya keterangan. Hal ini berlaku dikarenakan setiap karyawan pun dapat mengajukan izin atau cuti yang bersifat mendadak, seperti ketika kecelakaan atau sakit melalui aplikasi yang satu ini. Dengan begitu, informasi izin,sakit ataupun cuti tersebut dapat diketahui oleh perusahaan pada saat itu juga.

  1. Hanya Bermodalkan Smartphone dan Jaringan Internet

Alasan Selanjutnya Anda harus beralih dari absensi manual ke Sistem absensi online adalah hanya dengan bermodalkan smartphone pribadi Anda dan jaringan internet yang memadai. Hal ini dikarenakan Aplikasi tersebut akan dimiliki setiap karyawan pada smartphone pribadi masing-masing maka perusahaan hanya bermodalkan wifi atau jaringan internet saja.

Dengan Sistem absensi online ini yang hanya bermodalkan koneksi internet, baik tim HR maupun karyawan dapat mengakses aplikasi ini di mana saja dan kapan saja. Anda juga dapat membuka laporan tentang kehadiran kapan saja ketika pimpinan perusahaan membutuhkannya dan untuk fasilitas Wifi sebenarnya telah disediakan hampir di semua perusahaan.

  1. Analisa Kinerja Karyawan

Apabila Anda menggunakan Sistem absensi online pastinya datanya juga akan terbilang akurat, maka dari itu, Anda akan semakin mudah memonitor kinerja karyawan anda. Tentu saja hal itu juga akan memudahkan Anda saat ingin melakukan proses evaluasi kerja.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x