Pertanian Yang Harusnya Jadi Tumpuan Bangsa Malah Disebut Terabaikan

- 29 September 2022, 09:56 WIB
Ilustrasi pertanian.
Ilustrasi pertanian. /Pixabay/Sasin Tipchai

EDITORNEWS.ID- Kondisi Pertanian di Indonesia, kini terasa cukup memperhatinkan. Di mana Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris (negara yang maju pertaniannya), sekarang malah mengimpor makanan pokoknya dari negara lain.

Padahal sebenarnya rakyat dan bumi kita yang tercinta ini masih dapat memenuhi kebutuhan beras untuk makan kita sehari-hari. Bukan hanya beras tetapi hasil pertanian lain pun mengalami nasib yang demikian.

Perjalanan pembangunan pertanian Indonesia hingga saat ini masih belum dapat menunjukkan hasil yang maksimal jika dilihat dari tingkat kesejahteraan petani dan kontribusinya pada pendapatan nasional.

Pembangunan pertanian di Indonesia dianggap penting dari keseluruhan pembangunan nasional.

Baca Juga: Saat Reporter Siap Pertaruhkan Semuanya dengan V BTS di Acara Radio Starry Night demi Buka Masker

Dikutip dari berbagai sumber, Ada beberapa hal yang mendasari mengapa pembangunan pertanian di Indonesia mempunyai peranan penting,

Antara tara lain: potensi sumber daya alam yang besar dan beragam, bangsa terhadap pendapatan nasional yang cukup besar, besarnya bangsa terhadap ekspor nasional, besarnya penduduk Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada sektor ini, perannya dalam penyediaan pangan masyarakat dan menjadi basis pertumbuhan di pedesaan.

Potensi pertanian di Indonesia yang besar namun pada kenyataannya sampai saat ini sebagian besar dari petani kita masih banyak yang termasuk golongan miskin.

Baca Juga: Ups...Momen Jungkook BTS Lupa Koreografi, Tapi Berhasil Menanganinya Sebagai Seorang Profesional

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x