OJK dan Bappepti, Fungsi Berbeda, Tujuan Sama. Ketahui Lebih Dalam

- 11 Maret 2022, 21:00 WIB
Marak Investasi Bodong, Ganjar Pranowo Harap OJK Makin Aktif Edukasi Masyarakat
Marak Investasi Bodong, Ganjar Pranowo Harap OJK Makin Aktif Edukasi Masyarakat /istimewa

EDITORNEWS.ID - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappepti) sama - sama merupakan lembaga regulator yang di tugaskan mengawasi beberapa lembaga di bawah nya.

OJK dan Bappeti sebagai regulator memiliki tujuan yang sama.

Yaitu sama - sama sebagai pengawas, namun fungsi nya berbeda.

OJK adalah lembaga independen dengan fungsi, tugas, dan wewenang dalam mengatur, mengawasi, memeriksa, dan menyidik kegiatan dalam sektor jasa keuangan.

Baca Juga: Apa Itu Quotex? Mengapa Aplikasi Tersebut Ilegal?

Sektor ini melingkupi perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non - bank seperti asuransi, dana pensiun, lembaga pembiayaan, fintech , dan lembaga jasa keuangan lain.

Terdapat beberapa fintech atau pinjaman online yang sudah di tiada kan oleh OJK karena tidak terdaftar resmi dan beberapa kali terdapat kasus yang merugikan nasabah nya.

Maka dari itu, secara sederhana OJK lebih fokus pada usaha memelihara stabilitas dan menumbuhkan daya saing ekonomi Indonesia dalam cakupan sektor jasa keuangan.

OJK diresmikan pada 16 Juli 2012 berdasarkan Undang Undang atau UU No. 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan. Bappebti merupakan lembaga resmi pemerintah dengan fungsi umum meregulasi perdagangan berjangka.

Baca Juga: Intip Isi Saldo Rekening Doni Salmanan. Jumlahnya Fantastis, Capai Setengah Triliun!

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x