Hal yang Harus Ibu Hamil Ketahui sebelum Melahirkan Disaat Pandemi Covid-19

- 17 November 2020, 06:51 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil
Ilustrasi Ibu Hamil /Pixabay

EDITORNEWS - Diperlukan persiapan matang untuk melahirkan di tengah pandemi COVID-19. Bila Bumil sebentar lagi akan melahirkan, ketahui dulu hal-hal apa saja yang perlu Bumil lakukan dan persiapkan sebelum persalinan, baik secara normal maupun operasi caesar.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa semua ibu hamil, termasuk yang terinfeksi atau dicurigai terinfeksi COVID-19, berhak untuk mendapatkan perawatan dengan kualitas yang baik sebelum, selama, dan setelah melahirkan.

Kehamilan secara alami menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Hal ini membuat ibu hamil lebih rentan terkena infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Selain itu, berbagai perubahan di dalam tubuh yang terjadi semasa kehamilan juga membuat ibu hamil dapat mengalami gejala yang lebih berat bila terkena COVID-19.

Baca Juga: Kemendikbud Siapkan Dana Sangat Besar Mahasiswa Dapat Belajar Diluar Kampus

Namun tak perlu khawatir berlebihan. Prosedur melahirkan telah diatur sedemikian rupa sehingga dapat mencegah penularan Covid-19.

Selalu terapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga ringan, hindari asap rokok, tinggalkan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol, serta sebisa mungkin untuk selalu di rumah aja.

Jika ibu hamil harus keluar rumah, maka pastikan aktifitas yang dikerjakan merupakan kegiatan mendesak dan penting. Dan jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Pemerintah Menyesalkan Pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19 DKI Jakarta & Jawa Barat

Yaitu jangan lupa untuk selalu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, dan memakai masker.

Halaman:

Editor: Dimar Aditya

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x