Lagu Solo Jungkook BTS Seven Dituduh Plagiat Karya Klasik Fin.K.L : Apa Fakta Sebenarnya?

- 22 Agustus 2023, 17:35 WIB
V BTS
V BTS /Sahidin/

EDITORNEWS.ID- Baru-baru ini dunia musik dikejutkan oleh tuduhan plagiat yang menimpa Jungkook dari grup BTS terkait lagu debut solonya yang sedang popular yaitu Seven.

Namun yang membuat perhatian semakin terfokus adalah bahwa lagu ini disebut-sebut telah meminjam elemen dari karya Fin.K.L yang berusia lebih dari dua dekade.

Dalam kasus ini Jungkook salah satu anggota terkenal dari BTS diduga menggunakan bagian penting dari lagu Time Of Mask yang dinyanyikan oleh Fin.K.L pada tahun 2000.

Sebuah laporan eksklusif dari Theqoo yang muncul pada tanggal 22 Agustus mengungkapkan bahwa lagu Seven milik Jungkook memiliki kesamaan melodi utama dengan lagu Time Of Mask.

Baca Juga: Kemenangan Dramatis Arsenal dengan 10 Pemain atas Crystal Palace di Premier League 2023-2024

Mengutip laporan Alpha Economy sumber dari industri musik ditemukan bahwa bagian melodi utama dalam Seven sejajar dengan lagu klasik Fin.K.L.

Seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya dalam laporan mengatakan kepada reporter Alpha Economy bahwa nada melodi utama Seven sangat mirip dengan milik Fin.K.L.

Mengenai komposisi Seven digarap oleh tim komposer terdiri dari Andrew Watt, John Belian, Henry Walter, Theron Makeil Thomas, dan Latto.

Sementara itu Time Of Mask dari Fin.K.L dikomposeri oleh Yang Joon Young seorang ahli dalam menciptakan lagu KPop orisinal.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x