Gempa Berkekuatan M 5,3 Guncang Pantai Selatan Jember, Relawan dilokasi Semeru Sempat di Perintah Mundur

- 13 Desember 2021, 23:48 WIB
Gempa terjadi pada kedalaman 10 KM di tengah laut
Gempa terjadi pada kedalaman 10 KM di tengah laut /

EDITORNEWS.ID - Gempa berkekuatan 5,3 Magnitudo mengguncang Kabupaten Jember tepatnya di laut selatan, Senin 13/12/2021 pukul 12.46 wib.

“Lok: 9.81 LS 113.6 BT (Pusat gempa berada di laut 179 KM Tenggara Jember),” tulis BMKG melalui akun twitter @infoBMKG.

Gempa terjadi pada kedalaman 10 KM di tengah laut, yang bisa dirasakan hingga Kuta Bali, Pacitan, Trenggalek, hingga Lumajang.

“Kedalaman:10 Km Dirasakan (MMI) III Kuta, II Denpasar, II Kuta Utara, II Karangasem, II Pacitan, II Trenggalek, II Lumajang,” lanjut BMKG.

Baca Juga: Pada Hari ke 10 Erupsi Gunung Semeru Tim SAR Gabungan Menemukan 1 Orang Perempuan Meninggal Dunia

Usai mengetahui informasi terkait gempa tersebut, Tim SAR gabungan sempat mendapat perintah untuk menghentikan pencarian dan diperintakan mundur.

“Mundur… mundur… ada gempa,” teriakan Relawan dilokasi Lumajang memberikan komando ke yang lainnya.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike slip),” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambng Setiyo Prayitno dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin. Dikutip Editornews.id dari Antara.

Baca Juga: 13 Desember Diperingati sebagai Hari Nusantara, Ini Alasannya

Ditambahkannya, guncangan gempa ini dirasakan di daerah Kuta III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), Jember II-III MMI, Denpasar, Kuta Utara, Karangasem, Pacitan, Trengalek, Lumajang, Blitar, Banyuwangi, Bondowoso, Malang II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah