Jelang Nyepi Wisata Bromo Tutup Sementara

- 14 Maret 2021, 11:44 WIB
Umat Hindu saat merayakan upacara Melasti di kawasan Tengger Gunung Bromo.
Umat Hindu saat merayakan upacara Melasti di kawasan Tengger Gunung Bromo. / tangkapan layar Intagram Singaraja Now/

EDITORNEWS - seperti tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini akses menuju Gunung Bromo ditutup selama perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1943/2021 sesuai hasil rapat koordinasi (rakor) antara Forkopimda Sukapura, tokoh masyarakat, Kepala Desa dan PHDI (Parisada Hindu Dharma Indonesia) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Seperti yang dilansir oleh Antara. Plt Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Agus Budi Santosa mengatakan penutupan kegiatan wisata tersebut akan dilakukan mulai Minggu,14 Maret pukul 00.00 WIB hingga 15 Maret 2021 pukul 06.00 WIB.

Agus menjelaskan keputusan untuk menutup kawasan Bromo tersebut, telah memperhatikan surat dari Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo nomor 27/P/PHDI-KAB/II/2021 yang disampaikan pada 22 Februari 2021.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungan Perdana ke Yogyakarta, Tinjau Proyek KSPN Borobudur

Baca Juga: Wali Kota Medan Bobby Nasution Melakukan Pengecekan Normalisasi Parit Sulang Saling

"Penutupan sementara itu sampai dengan hari Senin 15 Maret 2021 pukul 06.00 WIB," kata Camat Sukapura Rochmad Widiarto di Probolinggo membenarkan.

Ia mengatakan pihaknya telah melaksanakan koordinasi dengan masing-masing pemilik usaha objek wisata di wilayah Kecamatan Sukapura bahwasanya akan dilaksanakan penutupan pintu masuk menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

"Hal itu dilakukan demi mendukung kekhidmatan perayaan Hari Raya Nyepi bagi warga Suku Tengger yang merayakannya," tuturnya.

Menurutnya penutupan pintu masuk ke Gunung Bromo dimulai dari pintu masuk Desa Wonokerto (selatan Ayam Bawangan) dan pertigaan pintu masuk menuju Desa Sariwani, Desa Pakel dan Kedasih.

"Selama pelaksanaan Hari Raya Nyepi, kami berharap semua tempat usaha di Kecamatan Sukapura ikut berpartisipasi demi menjaga toleransi antarumat beragama dengan menutup sementara kegiatan di wilayah usahanya sampai selesainya Nyepi," katanya.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah