BMKG: Menghimbau Warga untuk Tetap Waspada Terhadap Daerah yang Rawan Terjadi Gempa

- 19 Februari 2021, 08:27 WIB
Keterangan Pers Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Mamuju.
Keterangan Pers Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Mamuju. /BMKG

EDITORNEWS - Gempa bumi sudah banyak terjadi di Indonesia, keadaan ini menyebabkan banyak korban jiwa juga material dengan berkekuatan 6,2 magnitudo yang mengguncang wilayah Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat pada 15 Januari 2021 sebanyak 7.240 unit.

Gempa bumi terjadi tidak bisa diprediksi tetapi dengan melihat pertanda gempa kecil yang terjadi ini harus diwaspadai dan sering melanda puluhan kali didaerah di Indonesia, baik di Pulau Jawa maupun Sumatera dan daerah-daerah di Indonesia timur sejak sebulan terakhir, bisa jadi pertanda yang harus diwaspadai.

Dwikorita Karnawati Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat tetap mewaspadai potensi dan risiko terjadinya gempa besar.

Baca Juga: BMKG: Masyarakat Diminta Waspada, Jakarta Berpotensi Hujan Petir Disertai Kilat dan Angin Kencang

Baca Juga: BMKG: Daerah Pacitan Jatim Terkena Guncangan Gempa Tektonik 4,7 Magnitudo tidak Berpotensi Tsunami

 

Dalam kunjungannya di Pacitan kamis 18 Februari 2021, Dwikorita mengatakan dengan waspada kita dapat mempersiapkan jalur mitigasi yaitu upaya mengurangi resiko bencana kedaerah yang dianggap aman.

Gempa tidak bisa diprediksi tetapi bisa diperkirakan zona-zonanya, mana yang harus diwaspadai hal ini dilihat dari Intensitas kegempaan yang meningkat.

Selama kurun Januari saja, terjadi 85 kali kejadian kegempaan yang tersebar mulai dari Aceh, Nias, Bengkulu, dan Lampung dan juga melanda daerah pesisir selatan Pulau Jawa, mulai dari Banten, Jabar, dan Jateng.

Baca Juga: BMKG: Waspada 5 Provinsi di Pulau Jawa Siaga Banjir, Diantaranya

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x