Google Tampilkan Doodle Didi Kempot, Kenang Sang Maestro

- 26 Februari 2023, 22:35 WIB
Google menampilkan Doodle bergambar Didi Kempot pada Minggu, 26 Februari 2023
Google menampilkan Doodle bergambar Didi Kempot pada Minggu, 26 Februari 2023 /

EDITORNEWS.ID - Jika Anda melakukan pencarian di Google pada hari ini, maka akan ada satu hal unik yang Anda temukan. Hal itu adalah doodle yang menampilkan mendiang Didi Kempot. Google doodle tersebut menampilkan sosok Didi Kempot dalam bentuk gambar kartun ilustrasi.

Melalui keterangannya, Google menyampaikan bahwa alasan menampilkan wajah Didi Kempot adalah karena prestasinya. Tiga tahun lalu, tepat di tanggal yang sama Didi Kempot meraih penghargaan memukau. Ia menerima Billboard Indonesia Lifetime Achievement Award.

"Today’s Doodle celebrates Didik Prasetyo (famously known as Didi Kempot), a beloved Indonesian singer and songwriter known as the “Godfather of Broken Hearts.” A master of Javanese campursari music, Kempot wrote over 700 songs throughout his prolific career. On this day in 2020, he received a Billboard Indonesia Lifetime Achievement Award" tulis Google dalam pernyataannya.

Didi Kempot sendiri tidak hanya dikenal sebagai penyanyi, namun juga seorang seniman. Ia terkenal karena sukses membawakan musik aliran campursari di panggung nasional. Sepanjang kariernya, Didi Kempot telah menulis lebih dari 700 lagu.

Baca Juga: Kepala Keuangan Ekonomi Terbesar Di Dunia Mengutuk Keras Moskow Atas Perangnya Terhadap Ukraina

Didi Kempot berasal dari keluarga yang kental dengan dunia seni. Ayah dan kakaknya (Mamiek Prakoso) juga terjun di dunia seni, khususnya komedi. Sementara itu, sang ibu merupakan penyanyi Jawa tradisional. Tak heran jika akhirnya Didi Kempot mewarisi darah seni tersebut.

Didi mengawali karier dari jalanan. Pada usia 18 tahun ia dan beberapa rekannya membentuk band Kelompok Pengamen Trotoar. Selama dua dekade lebih ia tampil di jalanan Surakarta hingga bisa sampai ke Jakarta. Nama band inilah yang akhirnya jadi nama belakangnya kelak, Kempot.

Pada 1989 Didi Kempot menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan salah satu label rekaman. Single nya yang berjudul Cidro menjadi sangat populer di Belanda dan Suriname, dua negara dengan diaspora warga Jawa yang besar. Hal itu kemudian membawanya melakukan tur ke Belanda pada 1993.

Di tanah air sendiri, musiknya banyak digandrungi masyarakat Jawa secara umum. Namun beberapa tahun belakangan, musik campursari yang dibawakan Didi Kempot mampu menembus selera generasi muda dan akhirnya mengalami kebangkitan. Kini tidak hanya orang Jawa saja yang suka musik jenis tersebut, melainkan banyak orang lainnya. ***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x