Inilah Keistimewaan Bulan Syaban Berdasarkan Hadis

- 14 Maret 2022, 10:50 WIB
Doa malam Nisfu Sya'ban 2022, sebagai perantara untuk raih keberkahan di bulan Sya'ban 1443 H.
Doa malam Nisfu Sya'ban 2022, sebagai perantara untuk raih keberkahan di bulan Sya'ban 1443 H. //pexels.com/SHAHBAZ AKRAM/

EDITORNEWS.ID - Bulan Sya'ban adalah bulan dijawabya doa Nabi Muhammad SAW kepada Allah SWT untuk memindahkan arah kiblat, dari Baitul maqdis kepada baitullah di Makkah.

Atau lebih dikenal dengan bulan terakhir sebelum masuknya bulan suci Ramadhan atau bulan diangkatnya amal-amal.

''Karenanya, aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa,” Hadits Riwayat Abu Dawud dan Nasa'i.
 
Bulan Syaban juga menjadi salah satu hal yang dapat meningkatkan iman dan taqwa seorang muslim sebelum menuju ke bulan Ramadhan.
 
 
“Katakanlah wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa selama sebulan dari bulan-bulannya selain di bulan Syaban,” kata Usamah bin Zaid kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Lantas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
 
ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ
 
Artinya: Bulan Syaban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.
 
Baca Juga: Buya Yahya Jelaskan Hukum Menjual Makanan Kepada Orang yang Tak Berpuasa di Bulan Ramadhan

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, 'Asyah radhiyallahu 'anha mengungkapkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna selama sebulan penuh pada bulan Syaban.

لَمْ يَكُنِ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ ، فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ

Artinya: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak biasa berpuasa pada satu bulan yang lebih banyak dari bulan Syaban. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada bulan Sya’ban seluruhnya.***
 

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah