Jokowi Resmi Lantik Megawati Soekarnoputri Sebagai Dewan Pengarah BRIN dan Bacakan Fungsi dan Tanggung Jawab

- 14 Oktober 2021, 06:53 WIB
Jokowi melantik Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Dewan Pengarah BRIN /
Jokowi melantik Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Dewan Pengarah BRIN / /Instagram @jokowi/

EDITORNEWS - Presiden Jokowi resmi melantikan Megawati Soekarnoputri sebagai Dewan Pengarah Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN)

Pelantikan eks Presiden RI kelima ini dilaksanakan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 13 Oktober 2021.

Dalam acara pelantikan tersebut disaksikan kabinet pemerintahan salah satunya Menko PMK Muhajir Effendi dan Mensesneg Pratikno.

Lebih jauhnya pelantikan Dewan Pengarah BRIN ini tertera dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 78 Tahun 2021.

Baca Juga: Moeldoko Dicecar 20 Pertanyaan Oleh Bareskrim Polri Atas Tudingan Promosi Ivermectin dan Ekspor Beras dari ICW

Tak lupa pula Jokowi menyampaikan fungi dan tanggung jawab dari Dewan Pengarah BRIN salah satunya membantu presiden dalam tugas pemerintah.

''Dewan Pengarah mempunyai tugas memberikan arahan kepada Kepala dalam merumuskan kebijakan dan penyelenggaran penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi, penyelenggaraan ketenanganukliran dan penyelenggaraan keantariksaan menjadi landasan dalam perencanaan pembangunan nasional di segala bidang kehidupan yang berpedoman pada nilai pancasila,'' ucapnya.

Ketika melantik Megawati sebagai Dewan Pengarah BRIN Presiden Jokowi bertanya kepada Megawati mengenai kesediaan mengemban amanah tersebut.

Baca Juga: Vaksin Merah Putih Diklaim Mampu Lawan Varian Delta Setelah Dilakukan Pengujian di Universitas Airlangga

"Berkenaan dengan pengangkatan saudara sebagai Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional, terlebih dahulu saya bertanya, bersediakah saudara-sauda mengambil sumpah menurut agama masing-masing," ucap Jokowi disiarkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah