Hari Musik Nasional Jatuh Pada Tanggal 9 Maret, Berikut Penjelasannya

- 9 Maret 2022, 09:34 WIB
alasan tanggal 9 Maret ditetapkan sebagai hari musik nasional
alasan tanggal 9 Maret ditetapkan sebagai hari musik nasional /ditsmp.kemdikbud.go.id

EDITORNEWS.ID - Hari Musik Nasional adalah peringatan hari musik di Indonesia yang jatuh setiap tanggal 9 Maret setiap tahunnya.

Hari musik nasional pertama kali dicetus oleh Bapak Wage Rudolf Soepratman yang bertepatan dengan hari lahir beliau.

Bapak Wage Rudolf Soepratman merupakan seorang guru, wartawan dan komponis Hindia Belanda yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia, “Indonesia Raya”.

Untuk pertama kali peringatan ini, dilakukan pada 9 Maret 2013 silam berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013 tentang Hari Musik Nasional. 

Baca Juga: Bareskrim Polri Resmi Menetapkan Doni Salmanan Sebagai Tersangka Penipuan Quotex dan Ancaman Penjara 20 Tahun

Lantas bagaimana sejarahnya? yuk simak penjelasan dibawah ini

Hari musik nasional pertama kali diresmikan oleh eks Presiden RI keenam SBY yang dikemukakan oleh SBY berdasarkan Keputusan Presiden No.10 Tahun 2013.

Dalam keputusan tersebut berbunyi bahwa musik merupakan ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional.

Lebih lanjutnya musik nasional adalah salah satu musik yang wajib diketahui oleh anak sekolah terutama tingkat dasar yang diajarkan oleh gurunya agar anak dapat mengetahui musik nasional sejak usia dini. 
 
Baca Juga: Perang Rusia dan Ukraina Telah Dimulai Sejak 2021, Dilengkapi Senjata Kiriman AS dari 2018 Silam

Dengan di adakannya hari musik nasional diharapkan musik Indonesia dapat memberikan prestasi dan membawa Indonesia secara nasional, regional, hingga internasional.
 
Nah, pastinya di antar kita mempunyai idola penyanyi terfavorit bukan? entah itu dari kalangan penyanyi solo, boyband, dan girlband tanah air maupun luar negeri.
 
Namun, ada juga loh musisi tanah air yang karyanya diminati oleh masyarakat luar negeri seperti Agnes Monica Muljoto, Anggun Cipta Sasmi, Dita Karang dan masih banyak lagi.

Dengan diadakanya hari musik nasional yang jatuh pada tanggal 9 Maret 2022 diharapkan dapat menjadikan masyarakat untuk mencintai dan menghargai karya-karya yang dihasilkan oleh anak Indonesia.***
 

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x