Dilema Surat Cinta dan Duka Dari FIFA? Indonesia Terancam Sanksi Berat FIFA Imbas Tragedi Kanjuruhan

- 4 Oktober 2022, 18:22 WIB
Berikut ini merupakan informasi mengenai sederet sanksi dari FIFA terhadap Indonesia imbas tragedi Kanjuruhan.
Berikut ini merupakan informasi mengenai sederet sanksi dari FIFA terhadap Indonesia imbas tragedi Kanjuruhan. /Afifah Amani/Tangkap Layar: fifa.com (Presiden FIFA)

EDITORNEWS.ID - Tragedi Kanjuruhan Malang meninggalkan luka mendalam bagi penggemar sepak bola di seluruh dunia. Namun, yang patut dikhawatirkan adalah potensi sanksi FIFA yang siap membenamkan sepak bola Indonesia.

Pasalnya, tragedi yang merenggut ratusan nyawa Aremania tersebut sangat memukul persepakbolaan dunia. Tak pelak potensi sanksi FIFA terhadap sepak bola Indonesia pasti tak main-main.

Jika sanksi FIFA dijatuhkan, tentu akan sangat merugikan insan sepak bola Indonesia. Terlebih bagi pemain, klub, dan timnas Indonesia yang sedang bermental juara.

Pengamanan pertandingan Arema FC vs Persebaya menjadi sorotan utama. Pasalnya sebelum merujuk ke sanksi, tim pengamanan telah melanggar kode keamanan FIFA.

Baca Juga: Kaum Hawa: Inikah Rasa Hancur Yang Dialami Lesti Billar?, Hati-hati Terjebak Siklus KDRT Segera Bertindak

Salah satunya adalah tembakan gas air mata polisi saat berusaha membubarkan Aremania. Hal itu merupakan pelanggaran kode keamanan FIFA (Pasal 19 b).

Begini bunyinya: ''Senjata atau gas pengendali massa tidak boleh dibawa atau digunakan.''

Seperti diketahui, tembakan gas air mata menyebabkan sejumlah reaksi pada tubuh. Mereka yang terpapar gas air mata akan merasa nyeri dan pedih, terutama di wajah dan mata.

Jika pasal ini yang digunakan FIFA untuk menjatuhkan sanksi kepada Indonesia akan sangat mengerikan. Inilah beberapa potensi sanksi FIFA untuk Indonesia.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x