Sambangi IKN Baru Gubernur se-Indonesia Bawa Tanah dan Air Daerah Asal, Punya Makna Tersendiri?

- 14 Maret 2022, 09:23 WIB
Presiden Jokowi didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor menerima tanah-air dari para gubernur.
Presiden Jokowi didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor menerima tanah-air dari para gubernur. /Youtube Sekretariat Presiden

EDITORNEWS.ID - Belum lama ini Jokowi mengabarkan jika dirinya mengundang seluruh gubernur di Indonesia untuk menghadiri acara di IKN Nusantara.

 

Dan para gubernur yang diundang oleh Jokowi diminta untuk mengenakan pakaian adat dari daerahnya masing-masing.

Tak hanya itu saja nanti mereka diminta untuk membawa satu liter air yang berasal dari mata air di daerah mereka masing-masing.

Dan air tersebut akan dijadikan sebagai simbol persatuan dan kesatuan di IKN Nusantara.

Baca Juga: Jangan Lewatkan, Wuling Punya Promo Istimewa Hingga Diskon PPnBM 100 Persen, Hanya di JAW 2022

Instruksi Jokowi juga senada dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim Muhammad Faisal.

“Para Gubernur se Indonesia diminta membawa sedikit air, sekitar 1 liter dan tanah sekitar 2 kg dari wilayahnya masing-masing untuk nantinya digabungkan bersama 34 provinsi lainnya di Indonesia di satu titik di IKN Nusantara, disebutnya seremoni Gentong Nusantara," tutur Faisal dikutip dari Antara, Minggu 13 Maret 2022.

Dengan membawa air tersebut diharapkan menjadi dasar simbolis bahwa IKN Nusantara merupakan refleksi dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia.

“Hal tersebut sebagai gambaran persatuan dan kesatuan, Kebhineka Tunggal Ikaan. IKN Nusantara adalah milik seluruh masyarakat Indonesia,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x