Positif! Pembangunan Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Habiskan Dana dari APBN

- 16 November 2021, 08:44 WIB
Ilustrasi proyek kereta cepat rute Jakarta-Bandung. Pemerintah bakak menyuntik dana Rp4,3 triliun untuk Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung. Berikut penjelasan Menkeu.
Ilustrasi proyek kereta cepat rute Jakarta-Bandung. Pemerintah bakak menyuntik dana Rp4,3 triliun untuk Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung. Berikut penjelasan Menkeu. /Humas PT KCIC

EDITORNEWS – Pemerintah selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang memuaskan untuk masyarakatnya melalui berbagai infrastruktur di daerah semakin meningkat.

Seperti saat ini pemerintah tengah mendirikan pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Tujuan dari pembangunan ini untuk meningkatkan transportasi jarak tempuh sekaligus untuk meningkatkan daya saing kegiatan ekonomi.

Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung ini memakan biaya yang cukup banyak, bahkan ada laporan yang mengatakan proses pembangunan mencapai Rp4,1 triliun.

Baca Juga: Kemendikbud Berikan Bantuan Kuata Internet Bulan Ini, Simak Rician Berdasarkan Jenjang Pendidikan

Disisi lain Said Didu menilai penyebab pemerintah akhirnya menggunakan APBN untuk proyek kereta cepat karena salah satunya janji yang diberikan China.

"Penyebab sebenarnya adalah: 1) China janjikan biaya 5,1 miliar dolar ASdan B to B murni-study jepang sekitar 6 miliar dolar AS, 2) saat berhasil singkirkan jepang naik menjadi sekitar 6 miliar dolar AS dan minta jaminan pemerintah-pemerintah oke, 3) saat berjalan naik menjadi sekitar 8 miliar dolar AS-minta APBN. Jelas?" ucapnya.

Sebelumnya Faisal Basri mengatakan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung tak akan balik modal bahkan sampai kiamat.
Pernyataan tersebut mendapat respon dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

"Saya nggak bilang statement pengamat ekonomi itu salah, tapi ada persepsi antara pola pikir berbeda antara pemikiran supply dan demand," tutur Erick Thorir di YouTube Kick Andy Show, Senin, 15 November 2021.

Baca Juga: Jokowi Kenakan Produk Dalam Negeri Saat Jajal Sirkuit Mandalika, Ridwan Kamil Beri Pujian

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x