Presiden RI Jokowi Minta BPPT terus Berburu Inovasi dan Teknologi

- 9 Maret 2021, 09:23 WIB
Presiden Jokowi membuka Rakernas Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT Tahun 2021, di Istana Negara, Jakarta, Senin (08/03/2021) pagi.
Presiden Jokowi membuka Rakernas Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT Tahun 2021, di Istana Negara, Jakarta, Senin (08/03/2021) pagi. /Foto: Biro Pers Setpres/Muchlis Jr/

EDITORNEWS - Kemarin Senin, 8 Maret 2021 Presiden RI Jokowi melakukan pertemuan dengan beberapa jajaran pemerintah di Istana Negara.

Tujuan dari rapat tersebut adalah Jokowi meminta kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk mengkaji pembaharuan inovasi dan teknologi.

BPPT harus aktif berburu inovasi dan teknologi untuk dikembangkan lebih lanjut dan diterapkan, ujar Jokowi. Seperti yang termuat dalam akun Twitter @Jokowi.
 
 
 

Ada ribuan peneliti di pemerintahan dan swasta, serta para inovator lain di masyarakat, yang memiliki temuan yang bisa dikembangkan lebih lanjut, bahkan sampai tahap komersialisasi.

Selama pandemi ini misalnya, akselerasi inovasi bisa kita lihat di bidang kesehatan seperti ventilator untuk perawatan pasien Covid-19 atau alat uji GeNose yang mulai digunakan di lokasi-lokasi padat interaksi.
 
Menurut Presiden RI Jokowi adanya temuan BPPT di sektor pangan dan energi, sementara untuk temuan tersebut bisa bermanfaat oleh para UMKM untuk mempermudah mereka dalam mendistribusiakn hasil karya mereka.
 
 
 
Selain itu, BPPT harus turut ambil bagian dalam pengembangan kecerdasan buatan dan menjadi pusat kecerdasan teknologi Indonesia.
 
BPPT harus mampu memiliki jejaring luas dan menjadi lembaga akuisisi teknologi maju dari manapun, selama belum bisa diproduksi di dalam negeri.***
 
 

Editor: Sylvia Hendrayanti

Sumber: @jokowi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x