Wamenkes dr. Dante Saksono Harbuwono: Akan Dilaksanakan Contact Tracing Covid-19 di Seluruh Indonesia

- 27 Februari 2021, 09:07 WIB
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono. /Instagram.com/@handojostephanie/

EDITORNEWS - Wabah virus Covid-19 yang setiap hari semakin bertambah, sehingga membuat Kementerian Kesehatan mengeluarkan kebijakan kepada para korban yang terpapar Covid-19.

Salah satu contoh kebijakan yang dikeluarkan diantaranya para korban harus melakukan isolasi mandiri dan jika sudah berbahaya harus mendapatkan perawatan intensif.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD, PhD, KEMD mengatakan pelaksanaan isolasi mandiri masih terkendala beberapa hal di masyarakat. 

Baca Juga: Menkes Budi Gunadi Sadikin: Pemberian Vaksin Masal untuk Yogyakarta, Warga DIY Bersiaplah

Baca Juga: Yuk! Simak Infografis Tentang Vaksin Gotong Royong

“Salah satu kendalanya yang biasa di masyarakat adalah stigma – stigma dari masyarakat yang masih kental kalau itu (orang positif Covid-19) akan dikucilkan oleh tetangga sekelilingnya,” kata dr. Dante pada Kick Off Simulasi Contact Tracing oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Kantor Kelurahan Krukut, Jakarta Barat, Kamis 25 Februari 2021.

 

Selain pelacakan kontak (Contact tracing) adalah kegiatan untuk melakukan sosialisasi secara komunal, sementara WHO menargetkan 1 pasien kasus konfirmasi positif harus dilakukan kegiatan tracing terhadap 30 orang yang pernah kontak dengan pasien positif tersebut. 

“Yang berbahaya itu yang tidak mempunyai gejala karena mempunyai potensi untuk menularkan kepada masyarakat sekeliling. Kalau ini tidak dihentikan segera maka yang akan kita dapatkan adalah kenaikan kasus terus,” ucap dr. Dante.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Meninjau Langsung Lokasi Pemberian Vaksin di Pusat Jantung Kuta Bali

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti

Sumber: @KemenkesRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x