Menko PMK Muhadjir Effendy : Keberhasilan PPKM Mikro Mampu Mempercepat Upaya Penanganan Covid-19

- 26 Februari 2021, 09:31 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy /Dokumen Humas Kemenko PMK

EDITORNEWS - Pemerintah terus menggenjot pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berskala Mikro (PPKM Mikro) sampai lingkup masyarakat terkecil yaitu di tingkat desa atau kelurahan, RT atau RW, maupun keluarga.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meyakini bahwa keberhasilan PPKM Mikro akan mampu mempercepat upaya penanganan Covid-19 di Indonesia.

"Memang kuncinya adalah di level mikro, level yang paling kecil. Kalau itu semua bisa dilaksanakan di seluruh Indonesia, saya yakin Covid-19 bisa segera kita tundukkan," ujarnya usai meninjau langsung kegiatan isolasi mandiri pada tingkat keluarga di Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis 25 Februari 2021.

Baca Juga: Pemberian Vaksin untuk Media Pers Dilaksanakan 4 hari Kedepan di Hall A Basket Gelora Bung Karno Jakarta

Baca Juga: Mensos Risma Berikan Upaya Penanganan Terhadap Korban Banjir di Kecamatan Pebayuran Jawa Barat

Ia menyebut keberhasilan PPKM Mikro terutama ditentukan oleh pelaksanaan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) disertai efektivitas operasi lacak-uji-pilah atau 3T (tracing, tracking, treatment).

"Pokoknya Covid-19 ini harus kita tangani secara serempak dua hal yaitu 3M dan 3T harus kita laksanakan. Kalau salah satunya saja kendor itu kita tidak akan bisa mengalahkan covid," tegas Muhadjir.

Di samping itu, gotong-royong antara pemerintah daerah setempat dan masyarakat juga sangat dibutuhkan tidak boleh ada lagi stigma penderita Covid-19 harus dijauhkan karena hanya akan memperburuk kondisi kesehatan si penderita.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Gerakan Tanam Bakau Kurangi Banjir di Jawa Barat

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Bertemu Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah untuk Membahas Destinasi Wisata

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti

Sumber: Kemenko PMK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x