Yuk Kenali Gejala Usus Buntu pada Anak Melalui Radio Kesehatan

- 24 Februari 2021, 08:53 WIB
Ilustrasi gejala usus buntu.
Ilustrasi gejala usus buntu. /Pexels/Andrea Piacquadio

EDITORNEWS - Penyakit usus buntu adalah peradangan yang terjadi pada usus buntu atau apendiks (suatu bagian dari usus besar (caecum) yang berbentuk seperti cacing).

Usus buntu merupakan organ berbentuk kantong kecil dan tipis, berukuran sepanjang 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar.

Saat menderita radang usus buntu, penderita dapat merasa nyeri di perut kanan bagian bawah jika dibiarkan, infeksi dapat menjadi serius dan menyebabkan usus buntuh pecah, sehingga menimbukan keluhan rasa nyeri hebat hingga membahayakan nyawa penderitanya.

Baca Juga: Jokowi Kunjungan ke Sumba Tengah NTT untuk Meninjau Kawasan Lumbung Pangan dan Resmikan Bendungan Napun Gete

Baca Juga: Menkes Budi Gunadi Sadikin: Pemberian Vaksin Masal untuk Yogyakarta, Warga DIY Bersiaplah

Simak ulasannya dalam Talk Show Keluarga Sehat bersama dr. Alexandra, seorang dokter dari salah satu Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita Jakarta Barat.

Informasi ini termuat dalam akun Twitter @KemenkesRI dan diselenggarakan melalui @radiokesehatan hari ini 24 Februari 2021 pukul 09.00 WIB.

Penyakit usus buntu ini menyerang tidak mengenal usia, bisa terjadi kepada orang dewasa maupun anak-anak, untuk mencegah hal itu pastikan kita mengetahui bagaimana gejala yang dialami oleh penderita.***

 

Editor: Sylvia Hendrayanti

Sumber: @KemenkesRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x