Awas Rudal. Korut-Malaysia Putuskan Hubungan Diplomatik : Malaysia Usir Diplomat Korut

- 21 Maret 2021, 20:37 WIB
Pemerintah Malaysia memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Korea Utara
Pemerintah Malaysia memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Korea Utara /

EDITORNEWS - Pemerintah Malaysia telah memerintahkan seluruh diplomat Korea Utara untuk meninggalkan Malaysia dalam waktu 48 jam.

Keputusan ini diumumkan pada hari Jumat, 19 Maret 2021, menyusul Korea Utara yang menyatakan untuk memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Malaysia.Melansir dari Scmp.com.

Renggangnya hubungan kedua negara ini diawali ketika Malaysia memutuskan mengekstradisi tersangka pencucian uang asal Korea Utara ke Amerika dimana ia dituduh terlibat dalam kejahatan pencucian uang.

Baca Juga: Reality Show Terbaru Lizzo, Mencari Perempuan Berbadan Besar

Baca Juga: Voila Belanja Barang Mewah Lewat Jentikan Ujung Jari

Dilansir dari amp.scmp.com, pada 19 Maret 2021. Warga negara asal Korea Utara bernama Mun Chol-myong telah tinggal di Malaysia selama kurang lebih 10 tahun dan ditangkap pada Mei 2019 setelah pihak AS meminta ekstradisinya.

Ia disebut terlibat dalam kejahatan pencucian uang melalui perusahaan dan ia juga mengeluarkna dokumen palsu untuk melakukan pengiriman ilegal ke negaranya.

Keputusan Malaysia ini direspon oleh Korea Utara dengan menyatakan ancaman akan memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Malaysia karena telah melakukan tindakan permusuhan dan tunduk pada perintah Amerika Serikat.

Mereka menyebut tuduhan pencucian uang tersebut tidak masuk akal dan juga memberikan ancaman bagi pemerintahan Washington.

Baca Juga: 15th Annyversary Event Lee Min Ho Hingga Buat Para Fans Bernostalgia Awal Jatuh Cinta

Baca Juga: Potret Gemas Baekhyun EXO dalam Teaser Album Barunya Berjudul BAMBI

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah