Grup K-Pop EXO, BLACKPINK, Dan BTOB: Menjaga Semangat Tim Tetap Hidup Dalam Usaha Individu

- 14 Januari 2024, 15:07 WIB
EXO, BLACKPINK, Dan BTOB
EXO, BLACKPINK, Dan BTOB /Rahma/

EDITORNEWS.ID — Grup K-Pop menerapkan strategi 'bersama namun terpisah' dalam aktivitas mereka. Baru-baru ini, BTOB, EXO, dan BLACKPINK telah mengumumkan niat mereka untuk melakukan aktivitas individu sambil bekerja sama dalam aktivitas grup.

Meski berada di bawah agensi yang berbeda, mereka telah menunjukkan komitmen untuk menjaga identitas kelompoknya, dengan menyeimbangkan gengsi dan kepraktisan.

Dimulai dengan BTOB, grup ini meninggalkan Cube Entertainment pada November lalu setelah perjalanan selama 11 tahun.

Mereka sebelumnya telah menandatangani perpanjangan kontrak grup penuh dengan Cube pada tahun 2018, namun perpanjangan kedua tidak terwujud. Meskipun ada ekspektasi agar grup tetap bersama, para anggota berpisah.

Baca Juga: Pengakuan Mengejutkan Chaeryeong ITZY Tentang Asupan Soda Yeji, Membuat MIDZY Kegilaan !

Changsub bergabung dengan Fantagio, Sungjae menandatangani kontrak dengan I Will Media, dan empat anggota lainnya – Eunkwang, Minhyuk, Hyunsik, dan Peniel – belum mengumumkan nama perusahaan baru mereka.

Meskipun sekarang berada di bawah tiga agensi berbeda, keenam anggota BTOB telah menyatakan keinginan kuat mereka untuk memprioritaskan aktivitas grup, dan berjanji untuk "selalu bersama."

DO (Do Kyungsoo) EXO menjadi mandiri setelah kontraknya dengan SM Entertainment berakhir pada Oktober lalu. Dia mendirikan agensinya, Companysusu, dan memulai karir solo.

Baru-baru ini, Baekhyun mendirikan label independen I&B100, dengan anggota Chen dan Xiumin melanjutkan aktivitas individu mereka di bawah label ini.

Baca Juga: AAA Dikritik Karena Melakukan Segmen INI – ZB1, Reaksi STAYC Mematahkan Hati Penggemar !

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x