Penggemar Kpop Dieksploitasi Habis-habisan Oleh Tiket Konser Yang 'Mahal'?

- 1 Juli 2023, 20:06 WIB
Penggemar Kpop menyatakan ketidakpuasannya dengan meroketnya harga tiket konser.
Penggemar Kpop menyatakan ketidakpuasannya dengan meroketnya harga tiket konser. /Rahma/

EDITORNEWS.ID- Banyak penggemar Kpop baik dari dalam maupun luar Korea yang menyatakan ketidakpuasannya dengan meroketnya harga tiket konser.

Do Hee Yeon, seorang penggemar Kpop berusia 20-an, baru-baru ini menghabiskan 471.000 won (sekitar 360 USD) untuk menghadiri 3 konser boy group SHINee. Namun, dia percaya bahwa harga tersebut terlalu tinggi, terutama untuk siswa seperti dia dan untuk orang yang tidak memiliki pekerjaan tetap.

Menurut Hee Yeon, sebelum pandemi COVID-19, harga tiket konser Kpop biasanya sekitar 120.000 won (sekitar 91 USD), tetapi harga baru-baru ini naik hampir 30%, menjadi 157.000 won. Penggemar itu juga berbagi bahwa temannya harus mempertimbangkan untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu hanya untuk membeli tiket.

Dalam sebuah wawancara dengan The Korea Times, Do Hee Yeon mengaku, “Kami sering merasa cinta murni kami terhadap Kpop dieksploitasi”, menambahkan, “Jika harga terus naik seperti ini, kami mungkin tidak dapat hadir lagi. menunjukkan di masa depan”.

Baca Juga: Reaksi Tak Termaafkan Berlanjut Saat Choi Ye Na Membatalkan Rekaman Minggu Depan Untuk 'Show!

Pada tahun 2019, harga tiket untuk semua kursi di konser BTS “Love Yourself: Speak Yourself” yang diadakan di Olympic Stadium di Jamsil, Seoul, dihargai 110.000 won. Namun, setelah 3 tahun, tiket VIP untuk konser BTS “Permission to Dance on Stage – Seoul” berharga 220.000 won, sementara tiket standar juga naik menjadi 165.000 won.

Selain BTS, grup lain di bawah Label HYBE, seperti TXT, SEVENTEEN, dan ENHYPEN, juga mengalami kenaikan harga tiket yang sangat besar. Pada tahun 2022, tiket konser grup ini menelan biaya sekitar 132.000 won, hanya untuk perusahaan yang menjual tiket VIP dan standar dengan harga masing-masing 198.000 won dan 154.000 won pada tahun 2023.

Penggemar Kpop internasional juga berbagi sentimen yang sama. Menurut outlet media lokal MGR Online, harga tiket untuk konser Kpop telah naik hampir 20% di Thailand sejak 2019. Untuk girl grup BLACKPINK, tiket VIP dijual dengan harga 14.800 baht (sekitar 400 USD), hampir tiga kali lebih tinggi dari harga tiket rata-rata untuk konser domestik.

Beberapa penggemar Thailand telah menyampaikan masalah ini ke Badan Perlindungan Konsumen Thailand, tetapi tidak ada solusi yang diberikan. Tidak ada undang-undang yang mengatur harga tiket konser, karena sepenuhnya berdasarkan kesepakatan antara penjual dan konsumen.

Baca Juga: Mengapa Kemenangan Acara Musik Kedua BTS 'Take Two' Begitu Istimewa?

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah