Katak Terbesar di Dunia Ditemukan di Hutan Australia

- 20 Januari 2023, 15:17 WIB
Ilustrasi Katak.
Ilustrasi Katak. /doc Pixabay

EDITORNEWS.ID – Petugas margasatwa di hutan hujan Australia utara mendapatkan temuan yang mencengangkan. Ia baru saja menemukan seekor katak tebu raksasa dengan berat hampir 3 kg.

Katak tersebut begitu besar hingga petugas sempat mengira hewan itu “palsu”. Pasalnya hewan "monster" itu memiliki ukuran enam kali lebih besar dari rata-rata.

Katak tersebut memiliki beratnya 2,7 kg, dan kemungkinan memecahkan rekor dunia. Dijuluki "Toadzilla", hewan itu dengan cepat ditempatkan dalam wadah dan dikeluarkan dari alam liar.

Pertama kali masuk ke Australia pada 1935, Katak tebu adalah salah satu hama paling merusak di negara itu dan kini jumlahnya diperkirakan mencapai lebih dari 2 miliar. Ketika penjaga taman Kylee Grey pertama kali melihat amfibi besar saat berpatroli di Queensland, dia tidak dapat memercayai matanya.

Baca Juga: Autobiografi Pangeran Harry Setebal 410 Halaman Resmi Dijual

"Saya belum pernah melihat yang sebesar ini. "(Tampaknya) hampir seperti bola sepak berkaki. Kami menjulukinya Toadzilla,” kepada Australian Broadcasting Corporation.

Timnya dengan cepat menangkap Toadzilla—diyakini sebagai betina—dan kembali ke pangkalan untuk menimbangnya. Mereka tahu dia akan berat, tetapi terkejut saat menemukan hewan itu bisa mencetak rekor dunia baru.

Rekor Dunia Guinness saat ini untuk katak terbesar seberat 2,65 kg. Ia adalah katak peliharaan di Swedia bernama Prinsen pada 1991.

"Katak tebu sebesar itu akan memakan apa saja yang bisa masuk ke dalam mulutnya," katanya sebagaimana dilansir BBC.

Baca Juga: 1 WNI Asal Papua dan 2 WN Filipina Ditangkap Bawa 2 Koper Senjata saat Melintas di Pos Penjagaan Terpadu PNP

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x