Bukan ARMY, Orang Ini Sebut BTS Sebagai Faktor Utama Peningkatan Pasar K-Pop

- 29 Oktober 2021, 17:28 WIB
BTS diakui banyak orang
BTS diakui banyak orang /

EDITORNEWS - ARMY adalah fandom penggemar BTS yang juga merupakan fandom terbesar K-pop yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

ARMY dan ketujuh Bangtan menunjukkan kebolehan mereka dalam industri musik K-pop hingga ke kancah internasional dan sepopuler saat ini.

Bahkan, bukan hanya diakui oleh ARMY, kemampuan BTS juga diakui oleh oknum lain dan salah satunya utusan dari Korea Music Content Association (KMCA).

Media Korea melaporkan bahwa Choi Kwangho, sekretaris jenderal KMCA menyatakan pendapatnya tentang fakta bahwa pasar album K-Pop telah tumbuh lebih dari 10 kali lipat.

Baca Juga: Dalam Perdebatan Ini Ada 2 Hal Aneh, Temukan di Percakapan dan Gambar

Menurut survei yang dilakukan oleh GaOn Chart, pada tahun 2000-an, artis papan atas tidak dapat menjual lebih dari 200 ribu album.

Tetapi karena industri musik idola tumbuh pesat, penjualan album mulai meningkat dan pada tahun 2020, penjualan meningkat lebih dari 10x dibandingkan dengan penjualan 10 tahun yang lalu.

Choi Kwangho berkata, “Artis yang mulai mendorong pasar ini adalah BTS, yang mulai menonjol pada tahun 2016. Saat BTS menerobos dengan album 'Wings' mereka yang terjual 750 ribu eksemplar, mereka benar-benar membuka era penjualan 1 juta album ketika album mereka 'Love Yourself: HER' terjual hampir 1,5 juta copies di tahun 2017."

Tindakan BTS telah mendorong pasar album artis K-Pop, jadi sekarang penjualan album tahunan dari 30 artis teratas juga meningkat pada tingkat yang sama.

Baca Juga: BTS Akan Lakukan Tur Konser, Negara Ini Diprediksi Akan Disambangi

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah