Lantik Saka Wira Kartika Kodim 0420 Sarko, Dandim Tinggalkan Pesan Ini

- 20 Maret 2021, 18:57 WIB
 Saka Wira Kartika
Saka Wira Kartika /

EDITORNEWS - Gerakan Pramuka di Indonesia telah hadir sejak jaman pemerintahan Hindia Belanda. Dan resmi menjadi Gerakan Pramuka Indonesia pada tahun 1961.

Dalam Pramuka Indonesia ada beberapa satuan karya atau lebih akrab disebut Saka. Diantaranya ada Saka Wira Kartika.

Saka Wira Kartika ini merupakan salah satu Saka yang bersifat nasional. Saka Wira Kartika yang dibentuk melalui kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

Baca Juga: Penderita Diabetes Bisa Selamat dari Amputasi Jika Lakukan Ini

Baca Juga: Ketahuan Netizen Minum Alkohol di Bawah Umur, Go Minsi Beri Penjelasan

Komandan Kodim 0420 Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, sebagai Ka Mabi Saka, pada Sabtu 20 Maret 2021 melantik Saka Wira Kartika Piere Tendean Kodim 0420 Sarko Angkatan-9 Gudep 7172 Merangin.

Bertempat di SMA Negeri 12 Merangin, Desa Pinang Merah, acara pengukuhan dan pelantikan kali ini diawali dengan pembekalan materi PBB dasar, dilanjutkan materi Kebangsaan, Krida Navigasi Darat, Krida Pioneering, Krida Mountainering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana.

Prosesi pengukuhan kali ini menjadi kesempatan yang sangat istimewa bagi SMAN 12 Merangin, dijarenakan dapat dilantik langsung oleh Dandim 0420 Sarko, pada Sabtu 20 Maret 2021.

Ka Mabi Saka dalam sambutannya menyampaikan pesan penting bahwa kegiatan Saka Wira Kartika dilaksanakan bertujuan membentuk karakter yang berkepribadian berbudi pekerti luhur, bertakwa kepada Tuhan YME, peduli pada tanah air, bangsa, masyarakat, alam lingkungan serta pada dirinya sendiri dengan berpedoman pada Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Juga bertanggung jawab dan mengerti tentang simbol Tunas Kelapa yang mengkiaskan ada generasi baru anggota Pramuka selalu munculnya generasi-generasi baru merupakan inti kelangsungan hidup.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah