Misteri Atlantis: Apakah Benar Ada Kota yang Hilang di Bawah Lautan?

- 14 Desember 2023, 22:35 WIB
Ilustrasi reruntuhan Kota Atlantis. /Pixabay/davidfoxx
Ilustrasi reruntuhan Kota Atlantis. /Pixabay/davidfoxx /

EDITORNEWS.ID - Atlantis, sebuah kota yang hilang di dasar lautan, telah menjadi salah satu misteri terbesar di dunia. Kisah tentang Atlantis pertama kali diceritakan oleh filsuf Yunani kuno, Plato, dalam karyanya berjudul Timaeus dan Critias yang ditulis pada 360 SM.

Plato menggambarkan Atlantis sebagai sebuah kota yang makmur dan maju, namun akhirnya tenggelam ke dasar laut akibat banjir besar.

Sejarah Atlantis

Menurut Plato, Atlantis terletak di Samudra Atlantik, di sebelah barat laut daratan Mediterania. Kota ini didirikan oleh Poseidon, dewa laut dalam mitologi Yunani. Atlantis memiliki luas sekitar 555 x 375 kilometer persegi, dengan penduduk yang mencapai jutaan orang.

Atlantis dikenal sebagai kota yang makmur dan maju. Kota ini memiliki teknologi yang canggih, termasuk sistem irigasi, transportasi, dan bangunan yang megah. Atlantis juga memiliki pasukan militer yang kuat.

Baca Juga: Ini Lokasi Kajian Ustadzah Halimah Alaydrus Hari Ini Rabu, 13 Desember 2023 di Jakarta Utara

Lokasi Atlantis

Plato tidak memberikan lokasi yang pasti tentang Atlantis. Namun, ia menyebutkan bahwa Atlantis terletak di luar Selat Gibraltar, di suatu tempat di Samudra Atlantik.

Banyak orang yang percaya bahwa Atlantis terletak di Kepulauan Azores, sebuah kepulauan di Samudra Atlantik yang terletak di lepas pantai Portugal. Kepulauan Azores memiliki banyak fitur geologi yang mirip dengan apa yang digambarkan oleh Plato tentang Atlantis.

Namun, ada juga yang percaya bahwa Atlantis terletak di suatu tempat di Mediterania. Beberapa peneliti percaya bahwa Atlantis adalah kota Minoa yang terletak di pulau Santorini, Yunani.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x