Perubahan Iklim Dapat Mempengaruhi Populasi Komodo, Ini Pesan Penjaga

- 5 November 2021, 07:05 WIB
IUCN Ingatkan Indonesia, Komodo Masuk Daftar Merah Satwa Terancam Punah
IUCN Ingatkan Indonesia, Komodo Masuk Daftar Merah Satwa Terancam Punah /www.theguardian.com

EDITORNEWS - Komodo merupakan jenis hewan reptil yang masuk kedalam marga satwa dikarenakan hewan ini langka.

Tak hanya itu saja jumlah komoso di Indonesia sangat sedikit sehingga pemerintah berusaha untuk menyelamatkan komodo dari kepunahan.

Ditambah lagi dengan adanya perubahan iklim yang makin ekstrem saat ini dapat mendatangkan bahaya bagi populasi komodo tersebut.

Disalah satu kebun binatang yang ada di Surabaya terlibat ada beberapa komodo yang masih muda dengan lidah bercabang mereka merayap di sekitar kandang kebun binatang di Kota Surabaya.

Baca Juga: Viral! Rombongan Satpol PP di Serdang Bedagai Diusir saat Berteduh, Warga: Bukan Kalian Saja yang Bisa Kejam

Bahkan, beberapa dari mereka terlihat menarik perhatian seekor komodo betina, sementara yang lain mencari mangsa di dalam kolam.

Dilansir dari Reuters penyebab komodo menjadi makhluk hidup terancam punah karena meningkatnya ancaman yang ditimbulkan oleh dampak perubahan iklim saat ini.

Meningkatnya suhu global dan permukaan laut diperkirakan akan mengurangi habitat yang cocok bagi komodo, setidaknya 30 persen dalam 45 tahun ke depan.

Baca Juga: Fahri Hamzah, Kok Senayan Pada Diam, Oposisi Sekarang Memble

Lebih lanjutnya sejak diluncurkannya kebun binatang itu meningkatkan populasi komodo menjadi 108 orang dewasa dan 35 anak-anak dengan 40 telur yang diinkubasi.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah