Luhut Pandjaitan Sebutkan Pemerintah Indonesia Tengah Berkomitmen Dalam Tangani Sampah Plastik

- 4 November 2021, 10:01 WIB
Foto Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan diduga terlibat dalam permainan bisnis alat test PCR.
Foto Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan diduga terlibat dalam permainan bisnis alat test PCR. /Instagram @luhut.pandjaitan/

EDITORNEWS - Sampah plastik adalah semua barang bekas atau tidak terpakai yang materialnya diproduksi dari bahan kimia tak terbarukan.

Sebagian besar sampah plastik yang digunakan sehari-hari biasanya dipakai untuk pengemasan.

Menyikapi itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan ikut bersuara mengenai masalah sampah plastik khususnya di laut.

Luhut mengatakan bahwa polusi plastik adalah masalah yang sangat memengaruhi bangsa.

Baca Juga: Penurunan Biaya Tes PCR Setelah Mengalami Protes, Mardani Ali Sera: Perlu Dicari Sampai Akar

“Kami tidak akan membiarkan krisis yang membayangi ini berlanjut. Sebaliknya, kami mengambil tindakan tegas dan berani di setiap tingkat dan lintas sektor di Indonesia untuk melakukan transformasi yang diperlukan untuk mencapai polusi plastik yang mendekati nol di Indonesia,” ucapnya.

Sebelumnya Pemerintah Indonesia telah meluncurkan Peraturan Presiden mengenai Penanganan Sampah Plastik Laut yang disertai dengan Rencana Aksi Penanganan Sampah Plastik Laut 2018-2025.

“Peraturan Presiden tersebut telah menempatkan perjuangan melawan polusi plastik menjadi prioritas dalam agenda nasional, sehingga mendorong terciptanya lingkungan yang kita butuhkan sebagai pembuat kebijakan untuk mewujudkan visi ambisius ini,” imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi Resmi Tunjuk KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa Sebagai Pengganti Panglima TNI Hadi Tjahjanto

Lebih lanjutnya Menko Luhut Pandjaitan mengemukakan pemerintah sudah mulai mengintegrasikan pengelolaan sampah dari hulu ke hilir demi menekankan ekonomi sirkular.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah