3 Penyebab Maluku Rentan Terhadap Gempa Bumi Bahkan Tsunami

- 18 Juni 2021, 12:04 WIB
/

EDITORNEWS - Wilayah Pulau Seram, Maluku dilanda gempa bumi pada Rabu, 16 Juni 2021 pukul 11.43 WIB tepatnya pada titik koordinat 3,39 LS dan 129,56 BT.

Dari data katalog gempa bumi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tercatat bahwa gempa bumi ini memiliki kekuatan hingga 6,1 M.

Getaran gempa bumi dirasakan di Tehoru, Masohi, Bula, dan Kairatu dengan skala intensitas III MMI. Getarannya dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Selain gempa bumi, BMKG juga memberikan peringatan kepada masyarakat Maluku dan sekitarnya untuk waspada gempa susulan dan tsunami akibat longsor di bawah laut Maluku.

Baca Juga: Eks Menkes RI Terawan Agus Putranto: Vaksin Nusantara bisa Mengalahkan Varian Delta Covid-19

Maluku dan wilayah di sekitarnya memang rentan mengalami gempa bumi. Berdasarkan data katalog BMKG, Maluku sudah beberapa kali mengalami gempa bumi dengan kekuatan yang besar.

Berikut penyebab Maluku rentan terhadap gempa bumi bahkan tsunami.

1. Maluku Terletak Antara Busur Sangihe dan Halmahera
Wilayah yang terletak antara Busur Sangihe dan Busur Halmahera ini membentang dalam arah utara-selatan.

Wilayah ini didasari oleh zona subduksi ganda (double subduction) yang menujam ke bawah Pulau Halmahera di sebelah timur dan ke bawah Busur Sangihe di sebelah barat.

2. Terdapat Zona Sesar Kawa
Sesar adalah patahan yang terjadi akibat adanya perpindahan massa batuan. Di wilayah Maluku dan sekitarnya terdapat zona Sesar Kawa yang menjadi salah satu pemicu terjadinya gempa bumi.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x