Resmi Gantikan Terawan Agus Sebagai Menteri Kesehatan, Ini Alur Karir dari Budi Gunadi Sadikin

- 22 Desember 2020, 17:54 WIB
Budi Gunadi Sadikin.
Budi Gunadi Sadikin. /Instagram/@budigsadikin/

EDITORNEWS - Budi Gunadi Sadikin Ditunjuk untuk menggantikan Terawan Agus Putranto Sebagai Menteri Kesehatan.

Sebelumnya Budi Gunadi Sadikin menjabat sebagai Wakil Menteri I BUMN dipercaya Presiden RI Joko Widodo untuk menjadi Menteri Kesehatan menggantikan dokter militer dengan pangkat jenderal berbintang tiga itu di Kabinet Indonesia Maju.

Beliau menghadapi tugas besar di depan mata, yakni menyelesaikan masalah penanganan pandemi Covid-19 dan juga prioritas masalah kesehatan lainnya, seperti tunggakan klaim dan tata kelola keuangan BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Gantikan Agus Supramanto Sebagai Menteri Perdagangan, Ini Dia Profil Muhammad Lutfi

Dan pernah memimpin PT Bank Mandiri Persero Tbk. dan juga PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero).

Pandemi Covid-19 telah membuat Tanah Air ditempa dua krisis sekaligus, yaitu krisis kesehatan masyarakat dan krisis ekonomi, krisis ini pula yang mengantar Indonesia ke jurang resesi ekonomi untuk pertama kali sejak krisis 1998.

Baca Juga: Jokowi Reshuffle Kabinet, Empat Menteri Pengganti dan Dua Menteri Pengisi Kekosongan

Presiden akhirnya membuat keputusan untuk mengganti Terawan dengan sosok Budi Gunadi Sadikin, yang selain Wakil Menteri I BUMN, juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional.

"Budi Gunadi Sadikin, beliau sebelumnya adalah Dirut Bank Mandiri, kemudian menjadi Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium dan terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN dan sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan," kata Presiden Jokowi di Veranda Istana Merdeka, Selasa ini.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x