Covid-19: Hal-hal Yang Perlu Kamu Ketahui! Yuk Cek Selengkapnya

- 25 Oktober 2021, 11:52 WIB
Ilustrasi virus corona Covid-19 di Indonesia.
Ilustrasi virus corona Covid-19 di Indonesia. /Kolase Pixabay/

EDITORNEWS - Corona Covid-19 menjadi momok yang sangat menakutkan saat ini. Virus yang mengancam saluran pernapasan ini muncul pada akhir 2019 dan menyebar diseluruh penjuru dunia.

Apa saja yang perlu anda ketahui tentang Corona Covid-19 yang masih mengancam Indonesia bahkan dunia ini? Yuk, baca artikel selengkapnya tentang Corona Covid-19 di bawah ini!

Corona Covid-19 atau yang disebut dengan virus korona adalah sebuah virus yang menyerang pada saluran pernapasan ringan sampai berat.

Gejala virus korona ini sama seperti saat flu, namun untuk penderita penyakit tertentu virus korona dapat mengakibatkan sesak napas, nyeri dada, dan deman yang cukup tinggi.

Baca Juga: Rachel Vennya Harusnya Dipenjara, Ini Cerita Nikita Mirzani Pada Deddy Corbuzier

Kemunculan virus corona ini diketahui pada akhir 2019 di Wuhan, Cina. Penyebaran virus ini sangat cepat yang kemudian menjadi Global Pandemi yang menyebar di beberapa negara tetangga seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan negara-negara besar di seluruh dunia.

Hingga saat ini, terdapat tujuh jenis coronavirus (HCoVs) yang sudah diidentifikasi, seperti:

1. HCoV-229E merupakan salah satu dari coronavirus yang menyerang manusia dan kelelawar. Virus ini tertular melalui droplet-respirasi dan fomites.

2. HCoV-OC43 merupakan anggota dari spesies Betacoronavirus 1 yang menyerang manusia dan hewan ternak. Kemunculan virus ini diketahui dari hewan pengerat, kemudian ditularkan melalui sapi.

3. HCoV-NL63 menginfeksi terutama anak-anak dan immunocompromised atau gangguan fungsi imunitas selular dan humoral. Penderita mengalami gejala batuk, deman, atau rinore.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah