Presiden Menyakini Produk UMKM Mampu Bersaing Secara Regional Maupun Global

- 18 November 2020, 21:12 WIB
Presiden Republik Indonesia  Joko Widodo
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo /Laman FB.Info PRESIDEN/


EDITORNEWS - Presiden Jokowi menekankan upaya peningkatan produk dalam negeri terutama barang dan jasa harus memprioritaskan produk lokal khususnya produk UMKM.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah secara virtual, Rabu 18 November 2020 di Istana Ke Presidenan Bogor.

Baca Juga: Apa Dampaknya Akibat Acara Pernikahan anak Habib Rizieq

“Prioritaskan untuk membeli produk-produk dalam negeri, khususnya produk UMKM pada belanja kementerian, belanja lembaga, belanja di pemerintah daerah. Tingkatkan sebesar-besarnya angka TKDN,” ungkapnya seperti.

Peningkatan TKDN, kata Jokowi, harus dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan, bukan sekadar pelengkap syarat dalam proses pengadaan barang dan jasa.

Baca Juga: Bupati Bogor Mengumumkan Dirinya Terkonfirmasi Positif Covid-19

Jokowi menjelaskan, bahwa pembelian produk dalam negeri dan peningkatan TKDN akan membuat multiplier efect terhadap pergerakan ekonomi secara menyeluruh. Baik di daerah maupun secara nasional.

“Jutaan tenaga kerja dan keluarganya juga menggantungkan hidupnya pada keberlangsungan industri dalam negeri dan sektor UMKM kita,” jelasnya.

Ia pun menghimbau agar LKPP dapat aktif dalam memasukan produk- produk UMKM yang sesuai dengan kriteria dalam e-katalog. Baca Juga: Santun Syekh Ali Jaber Beri Komentar Perseteruan Simpatisan HRS dan Nikit

Baca Juga: Sinergi Media Massa dan TNI untuk Membangun NKRI

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: Setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x