Berikut Bocoran Kisi-Kisi Soal SKD, Siapkan Strategi Lulus CPNS dan PPPK Tahun 2021

- 17 Juni 2021, 09:37 WIB
Seleksi CPNS 2021 Semakin Dekat, Peserta Usia Maksimal 40 Tahun Masih Bisa Melamar Jabatan Ini
Seleksi CPNS 2021 Semakin Dekat, Peserta Usia Maksimal 40 Tahun Masih Bisa Melamar Jabatan Ini /sscasn.bkn.go.id/

EDITORNEWS - Seleksi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 meiliputi seleksi CPNS dan PPPK segera akan dibuka akhir Juni tahun ini.

Rencananya, penerimaan CPNS dan PPPK di tahun 2021 membuka hingga 1,3 juta formasi dari berbagai intansi yang dibagi menjadi 1.221.816 formasi untuk Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat sebanyak 83.880.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sudah merilis peraturan yang dijadikan pedoman seleksi CPNS dan PPPK 2021, seperti halnya kisi-kisi soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Mengacu dalam Permenpan No. 27 Tahun 2021 tentang kisi-kisi soal ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2021 berikut kisi-kisi soal yang dapat dirangkum.

Baca Juga: Ketua IPW Neta S Pane Meninggal Dunia Diduga Akibat Covid-19

Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah tes kemampuan dasar dan karakteristik pribadi yang dimiliki calon ASN, materi yang diujikan berupa pengetahuan, keterampilan dan perilaku.

Dalam tes tersebut terdapat 110 soal dan harus dikerjakan dalam kurun waktu 100 menit.

Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terbagi menjadi beberapa macam, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) berjumlah sebanyak 30 buah soal dengan passing grade 65 poin.

Dalam tes ini para peserta akan diberikan soal mengenai empat pilar kebangsaan Indonesia, seperti Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, dan Pilar Negara (seperti Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x