APBN Tahun 2021 Dipersiapkan dengan Dana Sebesar Rp 110 Triliun

- 29 Desember 2020, 16:56 WIB
Presiden Jokowi gelar rapat terbatas bersama jajarannya di Istana Merdeka, Jakarta.
Presiden Jokowi gelar rapat terbatas bersama jajarannya di Istana Merdeka, Jakarta. /Setkab RI/

EDITORNEWS - Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas bersama jajarannya di Istana Merdeka, Jakarta.

“Dalam rangka persiapan penyaluran bantuan sosial, pagi hari ini kita akan berbicara lagi, terutama ini untuk 2021,” kata Presiden mengawali pengantarnya.

Anggaran sebesar Rp 110 triliun telah disiapkan untuk APBN tahun 2021 oleh Pemerintah untuk melanjutkan program perlindungan sosial.

Dari sejumlah anggaran tersebut, Presiden merinci, sebanyak Rp45,1 triliun disiapkan untuk program kartu sembako yang akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), masing-masing Rp200 ribu per bulan.

Baca Juga: Modernland telah Disiapkan, Asrama Haji Akan Dibangun di Provinsi Banten

Kemudian untuk Program Keluarga Harapan (PKH), pemerintah menyiapkan Rp28,7 triliun untuk 10 juta KPM selama 4 triwulan. Selanjutnya, untuk bansos tunai pemerintah menyiapkan Rp12 triliun bagi 10 juta KPM, masing-masing Rp300 ribu selama 4 bulan.

“Kemudian program kartu prakerja Rp10 triliun, bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa Rp14,4 triliun. Kemudian ditambah dengan diskon listrik selama 6 bulan ini Rp3,78 triliun,” lanjutnya.

Baca Juga: Olahraga Cabang Atletik Paling Ramai Diminati Selama Masa Pandemi Covid-19

Dikutip mantrasukabumi.com dari setkab.go.id pada Selasa, 29 Desember 2020, Presiden pun menekankan agar bansos tersebut segera disalurkan di bulan Januari. Dengan demikian, bansos diharapkan akan menjadi pemacu pertumbuhan ekonomi. 

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x