Wamenlu Venezuela dan BNN RI Sepakat Jalin Kerja Sama Perangi Narkoba

- 18 Juli 2022, 13:28 WIB
Petrus Reinhard Golose menerima kunjungan kerja Wakil Menteri Luar Negeri Venezuela, Mrs Capaya Rodriguez Gonzalez
Petrus Reinhard Golose menerima kunjungan kerja Wakil Menteri Luar Negeri Venezuela, Mrs Capaya Rodriguez Gonzalez /

EDITORNEWS.ID - Kepala BNN RI, Petrus Reinhard Golose menerima kunjungan kerja Wakil Menteri Luar Negeri Venezuela, Mrs Capaya Rodriguez Gonzalez, yang didampingi oleh Duta Besar Venezuela Untuk RI, H.E.Radames Jesus Gomez Azuaje, di kantor BNN RI, pada Jumat, 15 Juli 2022.

Pertemuan penting ini membahas upaya kerja sama antara BNN RI dan Venezuela dalam upaya perang melawan narkoba.

Di hadapan Wamenlu Venezuela, Kepala BNN RI yang didampingi oleh Plt. Deputi Hukum dan Kerja Sama BNN RI, Susanto, dan Kasubdit Kerja Sama Regional dan Internasional Direktorat Kerja Sama BNN RI, Diani Indramaya, menjelaskan tentang organisasi BNN RI yang berbeda dengan lembaga anti narkoba di negara lainnya, karena tak hanya fokus melakukan pemberantasan namun juga mengoptimalkan upaya pencegahan, pemberdayaan masyarakat, dan rehabilitasi.

Dari segi SDM, BNN RI terdiri dari berbagai unsur, bukan hanya dari Polri, namun juga dari lintas sektor seperti Kejaksaan, Bea Cukai dan Imigrasi. Jenderal bintang tiga ini juga menambahkan, bahwa BNN RI juga memiliki perwakilan hingga tingkat daerah yaitu BNNP dan BNNK di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Pergoki Suami Jalan Bareng Pelakor, Istri Nekat Naik Kap Mobil Ambil Barang Bukti Perselingkuhan

Kaitannya dengan kondisi di Indonesia, Kepala BNN RI menjelaskan tentang angka prevalensi yang mengalami peningkatan dari 1,8 persen  menjadi 1,9 persen atau setara dengan 3,6 juta jiwa terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Di samping itu, BNN RI bertanggungjawab langsung kepada Presiden RI dan mengoordinir kementerian/lembaga terkait dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Dalam pertemuan tersebut, Kepala BNN RI juga diundang untuk hadir ke Venezuela dalam rangka menguatkan kerja sama dalam upaya perang melawan narkoba.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BNN RI mengapresiasi undangan tersebut. Meski demikian, Kepala BNN RI terlebih dahulu ingin menyelesaikan draft kerja sama BNN RI dengan Venezuela, sehingga ketika hal tersebut sudah ditandatangani, maka kunjungan ke sana bisa diagendakan.

Baca Juga: Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia Akibat Ditembak

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah