Kolesterol Tinggi Bisa Dikenali lewat Mata, Inilah Ciri dan Penanganannya

- 22 November 2022, 10:36 WIB
ILUSTRASI - 10 cara menurunkan kolestrol dengan alami agar terhindar dari penyakit serangan jantung hingga gagal ginjal.
ILUSTRASI - 10 cara menurunkan kolestrol dengan alami agar terhindar dari penyakit serangan jantung hingga gagal ginjal. /PIXABAY/stevepb

EDITORNEWS.ID - Kolesterol sempat dijuluki sebagai silent killer. Pasalnya tanda-tanda kehadirannya kerap tak dirasakan penderita.

Secara umum, gejala kolesterol tinggi yang diketahui masyarakat adalah sakit kepala, nyeri dada dan nyeri di bagian tengkuk. Namun, selain itu, tanda seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi ternyata juga dapat dilihat dari kondisi mata.

Kolesterol tinggi sendiri adalah penanda kita harus segera berhati-hati. Situasi ini merupakan kondisi kolesterol dalam darah yang melampaui kadar normal dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika tidak dikontrol.

Mengutip SehatQ, kolesterol tinggi dapat pula dilihat melalui mata. Ditandai dengan munculnya plak atau endapan kekuningan di mata yang disebut sebagai xanthelasma.

Baca Juga: 5 Menu Bekal Anak SD Selain Nasi, Simple dan Cepat

Plak kekuningan ini menjadi pertanda bahwa kadar lipid dalam darah cukup tinggi. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

- Konsistensinya kental
- Terakumulasi di balik kelopak mata bagian atas dan bawah
- Mengandung kolesterol
- Tampak simetris antara mata dan hidung
- Bisa menjadi semakin banyak dari waktu ke waktu

Munculnya xanthelasma idealnya tidak akan mengganggu fungsi penglihatan dan tidak berbahaya. Meski begitu, jika dibiarkan dan kolesterol terus tinggi, kondisi ini bisa memburuk dan menyebabkan rasa nyeri serta tidak nyaman di mata.

Saat Anda mengalami tanda kolesterol tinggi di mata berupa plak kuning segera periksakan diri. Dokter biasanya akan mengecek riwayat medis dan pemeriksaan visual.

Baca Juga: 7 Kue Tradisional Warna Hijau, Satu Diantaranya Paling Enak di Dunia

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x