Daftar Nominasi Korea Selatan untuk Edisi 2024 dari Penghargaan Sastra Anak-Anak Internasional

- 20 Februari 2023, 21:51 WIB
Penulis Lee Geum-yi dan ilustrator Kwon Yoon-duck telah dinominasikan untuk Hans Christian Andersen Award (HCAA)
Penulis Lee Geum-yi dan ilustrator Kwon Yoon-duck telah dinominasikan untuk Hans Christian Andersen Award (HCAA) /

EDITORNEWS.ID - Penulis Lee Geum-yi dan ilustrator Kwon Yoon-duck telah dinominasikan untuk Hans Christian Andersen Award (HCAA) 2024, menurut Korean Board on Books for Young People (KBBY).

Juga disebut sebagai "Hadiah Nobel Kecil," HCAA adalah pengakuan internasional tertinggi yang diberikan oleh Dewan Internasional tentang Buku untuk Kaum Muda (IBBY) kepada seorang penulis dan ilustrator atas kontribusi seumur hidup mereka pada sastra anak-anak.

Dinamai untuk menghormati penulis dongeng terkenal Denmark abad ke-19, hadiah ini diberikan dua tahun sekali berdasarkan kualitas estetika dan sastra yang unik dari tubuh karya para nominasi, setelah cabang IBBY masing-masing negara merekomendasikan kandidatnya.

Tahun lalu, seniman buku bergambar Lee Suzy menjadi berita utama setelah menjadi ilustrator Korea pertama yang pernah dihormati untuk hadiah tersebut.

Baca Juga: Hanya Jungkook yang Berani Iseng pada Suga BTS, Sebut Alasan Kenapa Hyungnya Tidak Akan Marah

Penulis Lee Geum-yi telah menerbitkan lebih dari 50 buku sepanjang karir sastranya selama empat dekade, termasuk "The Picture Bride," novel pertamanya yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Fiksi sejarah berkisah tentang tiga gadis muda Korea yang meninggalkan tanah air mereka pada tahun 1918 untuk menikahi pekerja imigran di Hawaii setelah pasangan masing-masing bertemu hanya melalui foto melalui mak comblang.

Ilustrator Kwon, yang gambar realistisnya mengambil isyarat dari lukisan rakyat tradisional Korea, memiliki sejumlah judul ikonik di bawah ikat pinggangnya, seperti "My Cat Copies Me," "Flower Grandma" dan "Pikaia."

KBBY juga telah menunjuk penulis Yoo Eun-sil sebagai nominasi untuk Astrid Lindgren Memorial Award 2024.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah