HYBE Mengakuisisi Saham SM Entertainment, Resmi Menjadi Pemegang Saham Terbesar

- 10 Februari 2023, 22:51 WIB
Resmi! HYBE Jadi Pemegang Saham Terbesar SM Entertainment: Strategi Lee So Man Selamatkan SM Entertainment?
Resmi! HYBE Jadi Pemegang Saham Terbesar SM Entertainment: Strategi Lee So Man Selamatkan SM Entertainment? /Soompi

EDITORNEWS.ID - Pada 10 Februari, Labels HYBE mengkonfirmasi bahwa mereka telah membeli 14.8 persen saham kepemilikan di SM Entertainment dari pendirinya Lee Soo Man yang secara resmi menjadi pemegang saham terbesar agensi.

Labels HYBE dan Lee Soo Man menandatangani kontrak transfer saham pada hari ini, hasilnya bahwa Hybe membeli 14,8 persen dari saham SM Entertainment seharga 422,8 miliar KRW atau sekitar 334,4 juta USD.

Dilansir dari Allkpop, Dalam pernyataan pers bersama  Lee Soo Man dan Bang Si Hyuk menyatakan SM dan HYBE telah memutuskan untuk bergandengan tangan untuk mendorong kedua agensi ke status pengubah permainan dalam industri musik populer global.

Bersama kami akan memaksimalkan daya saing global Kpop dan berusaha menuju bisnis platform gaya hidup yang berorientasi masa depan.

Baca Juga: HYBE Beli 14 Persen Saham SM Entertainment, Bang Si Hyuk Ingin Selamatkan Industri Kpop?

Sebagai tambahan, Labels HYBE menekankan bahwa perusahaan sangat selaras dengan visi Lee Soo Man dalam ide inovatif seperti metaverse, keberlanjutan serta gerakan SM Entertainment menuju struktur multi label.

Diketahui Lee Soo Man merupakan pemegang saham terbesar agensi SM Entertainment yang memiliki 18,46 persen saham. Kakao sebagai pemegang saham kedua yang memiliki 9,05 persen saham.

Namun sejak 7 Februari Lee Soo Man memiliki masalah internal, Lee Soo Man melayangkan gugatan terhadap SM Entertaiment karena melanggar UU Hukum Bisnis, karena menerbitkan saham baru perusahaan dan obligasi ke Kakao untuk mencari keuntungan sendiri tanpa sepengetahuannya dan pada Januari lalu CEO SM Entertainment, Lee Sung Soo dan Tak Young Joon menyetujui proposal Align Partners  tanpa persetujuan Lee Soo Man selaku pendiri SM Entertainment.

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah