Tak Menangkan Penghargaan Grammy Tiga Tahun Berentetan, BTS Tidaklah Gagal

- 7 Februari 2023, 23:24 WIB
Ini Kata Media Korea Tentang BTS Tidak Menang di GRAMMY 2023 Bukanlah Sebuah Kegagalan
Ini Kata Media Korea Tentang BTS Tidak Menang di GRAMMY 2023 Bukanlah Sebuah Kegagalan /Koreaboo

EDITORNEWS.ID - Grup K-pop populer BTS sekali lagi dinominasilan dalam penghargaan Grammy tahun ini. BTS untuk pertama kalinya masuk dalam beberapa nominasi, di antaranya kategori Album of the Year, Best Pop Duo/Group Performance, dan Best Music Video.

Grammy Awards dianggap sebagai malam penghargaan paling bergengsi di industri musik Amerika, bersama dengan American Music Awards dan Billboard Music Awards.
Grammy 2023 berlangsung pada tanggal 5 februari di Crypto.com Arena di Los Angeles, Amerika Serikat.

Sayangnya, Jungkook, J-Hope, Jin, Jimin, Suga, RM, dan V tidak ada yang hadir dalam malam penghargaan lantaran sedang hiatus dan mengerjakan proyek solo mereka masing-masing. Jin masih menjalani wajib militer, sehingga mereka berencana untuk kembali sebagai grub pada tahun 2025.

Meskipun terus dinominasikan dalam tiga tahun terakhir, BTS tetap tidak membawa pulang penghargaan GRAMMY tahun ini lantaran kompetisi yang ketat. Best Music Video dimenangkan oleh Taylor Swift’s dengan “All Too Well: The Short Film”.

Baca Juga: Bukan Hanya Tampan, Ungkapan V BTS ini jadi Alasan ARMY Semakin Suka Padanya

Sementara Best Pop Duo/Group Performance diraih oleh Sam Smith and Kim Petras untuk “Unholly.”, serta empat kategori besar lainnya — Record of the Year, Album of the Year, Song of the Year, and Best New Artist – beralih ke tangan Lizzo, Harry Styles, Bony Raitt, and Samara Joy, secara berurutan.

Meskipun tak membawa kembali penghargaan bergengsi ini, Media Korea menyebut BTS tidaklah gagal. Media Korea menyatakan bahwa sistem penilaian GRAMMY Awards berbeda dari dua penghargaan bergengsi lainnya.

Billboard Music Awards menentukan para pemenangnya berdasarkan chart performance, sedangkan American Music Awards memutuskan berdasarkan popular vote.

Jika dua penghargaan prestisius tersebut fokus pada peringkat dan popularitas. Maka GRAMMY dipilih berdasarkan voting dari para anggota Recording Academy, yang mengutamakan musikalitas. Meskipun demikian, bukan berarti musikalitas BTS tidak diakui hanya karena tidak menang GRAMMY.

Sebagai contoh, ABBA juga dinominasikan kedua kalinya dalam kategori Best Pop Duo/Performance bersama BTS, namun belum dapat meraih GRAMMY pada kategori tersebut. Meski begitu, tidak ada satupun fan yang mengecilkan pencapain musikalitas ABBA di industri.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x