Magikkun, Tren Baru Anak Muda Korsel Biar Penampilan Makin Gaya Nan Rupawan

- 7 Februari 2023, 17:40 WIB
Korean net bereaksi terhadap 'Am I Mask Fishing' Tik Tok
Korean net bereaksi terhadap 'Am I Mask Fishing' Tik Tok /

EDITORNEWS.ID – Kebijakan memakai masker telah dicabut secara resmi oleh Pemerintah Korea Selatan sejak Mei 2022. Pencabutan kebijakan bermasker ini merupakan suatu langkah dalam pelonggaran kebijakan Covid-19 yang telah diberlakukan hampir selama tiga tahun di Negeri Gingseng.

Namun pengumuman aturan pelepasan masker di dalam ruangan baru diberlakukan Senin, 30 Januari 2023, dengan pengecualian tertentu, yakni saat menaiki transportasi publik dan memasuki rumah sakit. Meskipun demikian, kaum muda Korea Selatan lebih memilih menggunakan masker baik di dalam ruangan maupun ruang publik.

Bererapa memilih tetap memakai masker demi melindungi diri dari serangan virus Covid-19. Sebagian warga juga mengutarakan pemakaian masker dipilih lantaran polusi udara yang kian meningkat. Ada juga yang dilatarbelakangi oleh cuaca dingin yang berlangsung di Korsel.

Adapun bagi kalangan anak muda Korea, alasan utama memakai masker ialah tekanan sosial yang muncul perihal penampilan. Mereka merasa lebih percaya diri kala menutupi mukanya dengan masker. Masker juga membantu sesorang yang malas merias wajah dengan makeup atau bahkan menyembunyikan masalah kulit.

Baca Juga: Ditawari Rp 1,2 Triliun, Akankah Lisa BLACKPINK Angkat Kaki Dari YG Entertainment?

“Saya dulu sering khawatir apakah orang akan berpikir muka saya ketika menggunakan masker dan tanpa masker akan terlihat beda. Walaupun alasan utama menggunakan masker tentu adalah mencegah Covid,” ungkap Hanna Kim, seorang model dan influencer Korea Selatan yang kini dinobatkan sebagai Miss Universe Korea 2022, dikutip dari BBC (7/2).

“Ada banyak teman-temanku yang mengatakan mereka lebih nyaman menggunakan masker karena mereka tidak perlu merias wajah dengan makeup atau mereka bisa menyembunyikan masalah kulit,” tambah Hanna Kim.

Hanna Kim juga menceritakan kepada BBC bahwa dia pernah mengalami mask fishing kala diajak kencan oleh seorang pria pengguna masker. Mask fishing ialah frasa yang disadur dari istilah catfishing, artinya pemalsuan identitas seseorang, khususnya secara daring. Bedanya, penipuan kali ini dilakukan dengan memakai masker.

“Saya harus membuat keputusan sulit dan mengatakan ‘Saya minta maaf tapi sepertinya ini tidak bisa berlanjut’,” kata Hanna Kim yang kecewa ketika pria itu tidak sesuai ekpektasinya.

Baca Juga: Magikkun, Tren Baru Anak Muda Korsel Biar Penampilan Makin Gaya Nan Rupawan

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x