Memasuki Bulan Rajab, Ini 4 Keistimewaan Bulan Penuh Pengampunan

- 24 Januari 2023, 13:56 WIB
Khutbah Jumat Singkat Bulan Rajab
Khutbah Jumat Singkat Bulan Rajab //Pir Sumeyra/pexels

EDITORNEWS.ID – Ada bulan-bulan istimewa dalam kalender hijriyah. Salah satunya adalah Bulan Rajab yang sangat istimewa dalam agama Islam.

Rajab merupakan salah satu bulan suci di antara Dzulqo'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Rajab terletak di antara bulan Jumadil Akhir dan bulan Sya'ban.

Rajab sebagaimana Muharram termasuk bulan haram atau suci. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya 4 bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang 4 itu." (QS At-Taubah Ayat 36)

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Imlek, Cocok untuk Kerabat dan Sahabat

Dijelaskan juga dalam riwayat dari Abu Bakrah radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad Shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

"Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada 12 bulan. Di antaranya ada 4 bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhar yang terletak antara Jumadil (Akhir) dan Sya'ban." (HR Bukhari nomor 3197 dan Muslim: 1679)

Jadi 4 bulan suci yang dimaksud adalah (1) Dzulqo'dah; (2) Dzulhijjah; (3) Muharram; dan (4) Rajab. Dilansir laman About Islam, berikut keistimewaan bulan Rajab yang sangat penting diketahui.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x