Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Mendapatkan Penugasan Menyelesaikan Persoalan Minyak Goreng

- 17 Juni 2022, 14:20 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat melakukan sidak harga bahan pokok di salah satu pasar.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat melakukan sidak harga bahan pokok di salah satu pasar. /Tangkapan layar/instagram @zul.hasan

EDITORNEWS.ID - Usai dilantik di Istana Negara, Rabu,15 Juni 2022, Menteri perdagangan Zulkifli berharap tugas mengatasi kenaikan harga dan menjamin ketersediaan minyak goreng, bisa segera ia selesaikan.

Seperti diketahui selama beberapa bulan ini, masyarakat mengalami kesulitan mendapatkan minyak goreng.

Diduga harga melambung tinggi dan stok terbatas di pasaran akibat permainan mafia minyak goreng.

Zulkifli Hasan mengakui mendapatkan penugasan khusus dari Presiden Jokowi untuk menyelesaikan persoalan minyak goreng. “Saya (diyakini) bisa menyelesaikan dengan baik makanya itu ketersediaan pangan penting sekali,” ujarnya.

Baca Juga: Shopee Bakal PHK Karyawan Secara Besar-Besaran, Termasuk Indonesia

Pengakuan Mendag Ia telah berdiskusi dengan pelaku usaha untuk mendalami persoalan minyak goreng, masalah ketersediaan barangnya yang susah.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pemerintah ingin menata permasalahan minyak goreng dari hulu ke hilir agar bisa berkeadilan dan agar kesulitan ini tidak terjadi lagi serta penerimaan negara akan bertambah utamanya dari ekspor CPO (Crude Palm Oil).

Di hulu lanjut dia, pemerintah harus bisa mensejahterakan petani sawit. Kemudian di hilir pemerintah harus menjamin bahwa masyarakat dapat mencari dan membeli minyak goreng dengan harga yang wajar. Pemerintah juga harus meyakinkan bahwa distributor dan pengecer minyak goreng dapat bergerak atas jasa produksi yang mereka lakukan.

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x