Jelang Akhir Tahun Dua Wilayah di Kabupaten Garut Diterjang Longsor Puluhan Rumah Warga Rusak

- 27 Desember 2021, 10:12 WIB
Longsor di wilayah Garut selatan menyebabkan sejumlah rumah di Kampung Cikaramat RT 01 RW 05 Desa Mekarmulya Kecamatan Talegong mengalami kerusakan
Longsor di wilayah Garut selatan menyebabkan sejumlah rumah di Kampung Cikaramat RT 01 RW 05 Desa Mekarmulya Kecamatan Talegong mengalami kerusakan /Dok. BPBD Garut/


EDITORNEWS.ID - Bencana longsor terjadi di sejumlah daerah salah satunya di Kabupaten Garut akibat curah hujan yang tinggi.

Wilayah tersebut terjadi di Kecamatan Talegong dan Cisewu pada Sabtu 25 Desember 2021.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi, menyebutkan bencana tersebut menyebabkan puluhan rumah rusak.

Bencana longsor yang terjadi di wilayah Kecamatan Talegong dan Cisewu itu telah menyebabkan sedikitnya 31 rumah warga terdampak meskipun tak menimbulkan korban jiwa.

Baca Juga: Jelang Perayaan Tahun baru 2022 Polres Cianjur Berlakukan Pengalihan Arus di Wilayah Puncak

"Bencana longsor yang cukup besar di antaranya terjadi di dua wilayah kecamatan yang ada di selatan Garut yakni di Talegong dan Cisewu. Namun Alhamdulillah, bencana longsor di dua wilayah tersebut tak sampai menimbulkan korban jiwa," ujar Budi, Minggu 26 Desember 2021.

Hujan tersebut turun selama 3 jam sehingga memicu terjadinya longsor di Kampung Cikaramat RT 01 RW 05 Desa Mekarmulya yang menyebabkan 4 rumah dan 3 bangunan PAUD, Posyandu dan bakle RW rusak parah.

"Sedangkan jumlah KK yang terancam ada 45 dengan jumlah jiwa mencapai 179. Sebagian dari warga kini sudah dievakuasi ke tempat lain yang lebih aman," lanjutnya.

Tak hanya itu 2 jembatan yang rusak berat sehingga akses jalan menuju ke lokasi sulit ditempuh.

Baca Juga: Bima Arya Berikan Kue dan Cokelat Saat Perayaan Natal 2021 Kepada 5 Gereja di Kota Bogor

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x