Tiba di Gedung Putih, Jokowi akan Menyuarakan Posisi Tegas Indonesia Mengenai Situasi di Gaza, Palestina

- 14 November 2023, 10:29 WIB
Pertemuan Jokowi dengan Joe Biden di Washington DC pada Senin, 13 November 2023 waktu setempat.
Pertemuan Jokowi dengan Joe Biden di Washington DC pada Senin, 13 November 2023 waktu setempat. /Instagram.com/@jokowi/

EDITORNEWS.ID -  Presiden Joko Widodo tiba di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, pada Senin, 13 November 2023, sekira pukul 16.20 Waktu Setempat atau Selasa, 14 November 2023, pukul 04.20 WIB.

Setelah menempuh kurang lebih 15 jam penerbangan dari Riyadh, pesawat Garuda Indonesia (GA-1) yang membawa Presiden Joko Widodo beserta rombongan mendarat di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat.

Sebelumnya, Jokowi menghadiri KTT Luar Biasa OKI di Riyadh, Arab Saudi yang membahas kondisi di Palestina pada Minggu, 12 November 2023.

Di Washington DC, Presiden Jokowi diagendakan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih. Presiden menilai hal tersebut sebagai kesempatan baik guna menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai situasi di Gaza.

Baca Juga: Jokowi Terbang ke Arab Saudi dan AS untuk Bertemu Joe Biden

Dikutip dari Reuter, Organisasi negara Arab dan Muslim atau mayoritas Muslim, (Organisasi Kerja Sama Islam/OKI) menuntut Israel menghentikan agresi mereka di Gaza, Palestina.

“Kunjungan ini juga merupakan kesempatan baik untuk langsung menyampaikan hasil KTT OKI di Riyadh yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan,” ujar Presiden saat memberikan keterangan pers di Bandara Internasional Juanda, pada Jumat malam, 10 November 2023, sebelum bertolak ke Riyadh.

Setibanya Presiden Jokowi di West Wing Portico, Presiden Jokowi kemudian turun dari kendaraan dan langsung disambut hangat oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Setelahnya, kedua pemimpin negara kemudian berjalan menuju Oval Office yang merupakan ruang kerja Presiden Biden di Gedung Putih. Di sana kedua pemimpin melakukan pertemuan terbatas.

Usai melaksanakan pertemuan terbatas, kedua presiden kemudian menggelar pertemuan bilateral yang turut diikuti oleh delegasi dari masing-masing negara.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x